Jawaban Seleksi PPPK 2024 Kompetensi Teknis Guru Ahli Pertama - Part 1
Contoh Soal dan Jawaban Seleksi Kompetensi Teknis Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2024 Beserta Pembahasan - Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2024 menjadi kesempatan emas bagi para profesional yang ingin berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di berbagai sektor.
Tahapan seleksi ini dirancang untuk mengidentifikasi individu dengan kompetensi teknis yang relevan, integritas yang tinggi, dan kemampuan untuk mendukung pencapaian target pembangunan nasional. Tes kompetensi teknis, sebagai salah satu komponen utama seleksi, bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana calon peserta memahami dan mampu menerapkan pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan di bidangnya masing-masing.
Melalui kumpulan contoh soal ini, peserta seleksi dapat memperoleh gambaran konkret mengenai bentuk soal yang diujikan, sekaligus mengukur kesiapan mereka dalam menghadapi ujian. Soal-soal yang disajikan mencakup berbagai aspek teknis sesuai dengan standar kebutuhan jabatan yang dilamar, sehingga dapat membantu peserta dalam mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
Diharapkan, panduan ini dapat menjadi alat bantu belajar yang efektif, membantu peserta mempersiapkan diri secara maksimal, dan mendukung keberhasilan mereka dalam meraih posisi PPPK yang diidamkan. Fokus materi yang dibahas antara lain :
- Konsep suatu disiplin ilmu yang relevan
- Materi suatu disiplin ilmu yang relevan
- Hirarki konsep dan materi suatu disiplin ilmu
- Prasyarat dari suatu disiplin ilmu yang relevan
- Keterkaitan suatu konsep dengan konsep yang lain
Bagian 1 - Soal & Kunci Jawaban Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru Ahli Pertama Tahun 2024
Materi Konsep Suatu Disiplin Ilmu yang Relevan
1. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, konsep paragraf narasi menekankan pada alur cerita yang menggambarkan peristiwa tertentu. Manakah ciri utama paragraf narasi berikut ini?
a) Penjabaran data dan fakta
b) Pengungkapan opini pribadi
c) Penyajian dialog antartokoh
d) Penyampaian argumen dengan struktur logis
e) Penjabaran sifat atau karakter tokoh secara eksplisit
Jawaban: c) Penyajian dialog antartokoh
Pembahasan: Paragraf narasi sering berisi cerita atau kisah yang melibatkan tokoh, konflik, dan alur, serta kerap mencakup dialog antartokoh.
2. Dalam konsep geometri, sudut siku-siku memiliki besar sudut sebesar 90 derajat. Manakah dari berikut ini yang merupakan sifat utama dari sudut siku-siku?
a) Besarnya lebih dari sudut lancip
b) Besarnya lebih kecil dari sudut tumpul
c) Besarnya separuh sudut lurus
d) Besarnya tepat setengah lingkaran
e) Besarnya setara dengan sudut lurus
Jawaban: c) Besarnya separuh sudut lurus
Pembahasan: Sudut lurus memiliki besar 180 derajat, sehingga sudut siku-siku (90 derajat) adalah separuhnya.
3. Pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran mendorong siswa untuk membangun pengetahuan mereka sendiri. Konsep ini paling sesuai dengan filsafat pendidikan mana?
a. Positivisme
b. Realisme
c. Konstruktivisme
d. Empirisme
Jawaban: c. Konstruktivisme
Pembahasan: Konstruktivisme adalah pendekatan yang menekankan pembelajaran melalui pengalaman dan refleksi, sesuai dengan proses siswa membangun pengetahuan.
Materi Suatu Disiplin Ilmu yang Relevan
4. Dalam Biologi, enzim berfungsi sebagai katalisator biologis yang mempercepat reaksi kimia. Enzim bekerja dengan cara...
a) Menghancurkan substrat yang tidak diperlukan
b) Meningkatkan energi aktivasi reaksi
c) Menurunkan energi aktivasi reaksi
d) Mengubah bentuk substrat menjadi energi
e) Menghambat reaksi tertentu agar efisien
Jawaban: c) Menurunkan energi aktivasi reaksi
Pembahasan: Enzim mempercepat reaksi dengan menurunkan energi aktivasi, sehingga reaksi dapat berlangsung lebih cepat tanpa perubahan energi total reaksi.
5. Dalam pelajaran IPS, salah satu dampak interaksi antarruang adalah perubahan sosial budaya. Contoh perubahan tersebut adalah...
a) Penemuan teknologi baru
b) Peningkatan hasil panen
c) Adopsi budaya asing seperti pakaian modern
d) Penurunan jumlah penduduk
e) Peningkatan eksploitasi sumber daya alam
Jawaban: c) Adopsi budaya asing seperti pakaian modern
Pembahasan: Interaksi antarruang memengaruhi sosial budaya, seperti adopsi budaya luar dalam gaya hidup, pakaian, atau kebiasaan.
6. Dalam pelajaran matematika, konsep pecahan biasanya diajarkan sebelum desimal. Ini dilakukan untuk mempermudah pemahaman tentang hubungan keduanya.
a. Prasyarat belajar
b. Generalisasi
c. Hierarki konsep
d. Pemisahan konsep
Jawaban: a. Prasyarat belajar
Pembahasan: Pemahaman tentang pecahan adalah prasyarat untuk memahami desimal karena desimal adalah bentuk lain dari pecahan.
Materi Hirarki Konsep dan Materi Suatu Disiplin Ilmu
7. Dalam taksonomi, urutan hierarki dimulai dari tingkat yang paling umum hingga yang paling spesifik. Tingkat spesifik dalam hierarki tersebut adalah...
a) Kingdom
b) Filum
c) Kelas
d) Spesies
e) Ordo
Jawaban: d) Spesies
Pembahasan: Hierarki taksonomi dimulai dari Kingdom (umum) hingga Spesies (spesifik). Spesies adalah tingkat paling rendah yang menggambarkan individu dengan kesamaan terbesar.
8. Dalam matematika, pemahaman konsep pecahan sangat penting sebelum mempelajari desimal. Bagaimana hubungan pecahan dengan bilangan desimal?
a) Pecahan dan desimal tidak memiliki hubungan langsung
b) Pecahan hanya dapat diubah menjadi desimal jika penyebutnya bilangan prima
c) Semua pecahan dapat diubah menjadi bilangan desimal
d) Desimal lebih akurat dibandingkan pecahan
e) Pecahan hanya digunakan dalam pengukuran
Jawaban: c) Semua pecahan dapat diubah menjadi bilangan desimal
Pembahasan: Pecahan dapat diubah menjadi desimal dengan membagi pembilang dengan penyebutnya.
9. Dalam kurikulum IPA, konsep atom diajarkan sebelum molekul. Hal ini mencerminkan struktur pembelajaran berbasis:
a. Pemahaman spesifik
b. Hirarki konsep
c. Pengetahuan umum
d. Hubungan konsep
Jawaban: b. Hirarki konsep
Pembahasan: Hirarki konsep menunjukkan urutan pengajaran dari konsep yang sederhana menuju yang lebih kompleks.
Materi Prasyarat dari Suatu Disiplin Ilmu yang Relevan
10. Sebelum memahami proses fotosintesis, siswa harus memahami konsep dasar dari energi matahari. Energi matahari diubah menjadi energi kimia dalam proses ini oleh...
a) Kloroplas
b) Mitokondria
c) Sitoplasma
d) Nukleus
e) Vakuola
Jawaban: a) Kloroplas
Pembahasan: Kloroplas adalah organel yang mengandung klorofil, yang berfungsi menangkap energi matahari untuk proses fotosintesis.
11. Untuk memahami konsep energi listrik, siswa harus memahami konsep dasar arus listrik. Arus listrik didefinisikan sebagai...
a) Energi yang dipindahkan oleh muatan
b) Jumlah muatan yang mengalir per satuan waktu
c) Kecepatan gerak elektron dalam konduktor
d) Perubahan energi potensial pada suatu rangkaian
e) Tekanan yang dialami oleh muatan listrik
Jawaban: b) Jumlah muatan yang mengalir per satuan waktu
Pembahasan: Arus listrik adalah laju aliran muatan listrik dalam satuan waktu, biasanya diukur dalam ampere.
12. Pemahaman bilangan bulat perlu dikuasai sebelum siswa belajar tentang persamaan linier. Hal ini termasuk dalam:
a. Transfer belajar
b. Prasyarat belajar
c. Penilaian formatif
d. Strategi pembelajaran
Jawaban: b. Prasyarat belajar
Pembahasan: Pengetahuan tentang bilangan bulat adalah dasar untuk memahami operasi yang lebih kompleks, seperti persamaan linier.
Materi Keterkaitan Suatu Konsep dengan Konsep yang Lain
13. Dalam fisika, konsep gaya memiliki kaitan erat dengan hukum gerak Newton kedua. Hubungan ini menyatakan bahwa...
a) Gaya sebanding dengan massa benda
b) Gaya adalah kebalikan dari momentum
c) Gaya berbanding lurus dengan percepatan
d) Gaya berbanding terbalik dengan kecepatan
e) Gaya tidak memengaruhi gerak benda
Jawaban: c) Gaya berbanding lurus dengan percepatan
Pembahasan : Hukum Newton kedua menyatakan
𝐹 = 𝑚⋅𝑎, sehingga percepatan sebanding dengan gaya yang bekerja pada benda.
14. Konsep suhu dalam fisika erat kaitannya dengan energi kinetik molekul. Hal ini berarti...
a) Suhu berbanding terbalik dengan volume benda
b) Semakin tinggi suhu, semakin besar energi kinetik molekul
c) Suhu tidak memengaruhi kecepatan molekul
d) Energi kinetik molekul menurun saat suhu naik
e) Suhu selalu sama dengan energi kinetik
Jawaban: b) Semakin tinggi suhu, semakin besar energi kinetik molekul
Pembahasan: Suhu adalah ukuran rata-rata energi kinetik molekul dalam suatu benda.
15. Konsep gravitasi dalam fisika berkaitan erat dengan hukum gerak Newton. Hal ini menunjukkan adanya hubungan dalam:
a. Aplikasi konsep
b. Prasyarat pembelajaran
c. Keterkaitan konsep
d. Konsep universal
Jawaban: c. Keterkaitan konsep
Pembahasan: Gravitasi dan hukum gerak Newton adalah konsep yang saling mendukung dalam menjelaskan fenomena alam.
Belum ada Komentar untuk "Jawaban Seleksi PPPK 2024 Kompetensi Teknis Guru Ahli Pertama - Part 1"
Posting Komentar