Soal UH PPKn Kelas 5 Unit 1 Kurikulum Merdeka
Contoh Soal & Jawaban Ulangan Harian (UH) / Asesment Sumatif BAB 1 PPKn Kelas 5 SD pada Kurikulum Merdeka - Agar semakin terbiasa dengan Kurikulum Merdeka, murid bisa mempelajari contoh soal sesuai jenjang kelas masing-masing. Seperti halnya contohnya soal PPKn Kelas 5 semester 1 ini. Yuk pelajari sejumlah contoh soal berikut!
Soal & Jawaban Asesmen Sumatif PPKn BAB 1 Kelas 5 Kurikulum Merdeka
1. Nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila adalah:
A. Kebersamaan
B. Keadilan sosial
C. Keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa
D. Persatuan Indonesia
Jawaban: C. Keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa
Pembahasan: Sila pertama Pancasila berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa,” yang mengandung nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan.
2. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia berarti:
A. Pancasila hanya berlaku dalam kehidupan keluarga
B. Pancasila menjadi pedoman hidup sehari-hari masyarakat Indonesia
C. Pancasila hanya digunakan saat peringatan hari kemerdekaan
D. Pancasila tidak memiliki peran dalam kehidupan sehari-hari
Jawaban: B. Pancasila menjadi pedoman hidup sehari-hari masyarakat Indonesia
Pembahasan: Pancasila sebagai pandangan hidup berarti nilai-nilainya digunakan sebagai pedoman berperilaku dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh warga Indonesia.
3. Contoh penerapan sila kedua dalam kehidupan sehari-hari adalah:
A. Meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikan tugas pribadi
B. Menolong teman yang sedang mengalami kesulitan
C. Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama
D. Menjaga kebersihan lingkungan dengan gotong royong
Jawaban: B. Menolong teman yang sedang mengalami kesulitan
Pembahasan: Sila kedua berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab,” yang mencerminkan sikap saling membantu dan peduli kepada sesama.
4. Sikap menghargai perbedaan agama dan keyakinan merupakan wujud pengamalan Pancasila sila ke-:
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat
Jawaban: A. Pertama
Pembahasan: Sila pertama Pancasila menekankan sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan agama dan kepercayaan.
5. Gotong royong sebagai salah satu nilai yang dipegang erat dalam masyarakat Indonesia mencerminkan sila ke-:
A. Ketiga
B. Keempat
C. Kelima
D. Pertama
Jawaban: A. Ketiga
Pembahasan: Sila ketiga berbunyi “Persatuan Indonesia,” yang mencerminkan pentingnya kebersamaan dan gotong royong dalam menjaga persatuan.
6. Berikut adalah contoh perilaku yang sesuai dengan sila kelima Pancasila:
A. Menjaga persatuan dan kesatuan
B. Bersikap adil kepada semua orang tanpa memandang suku atau agama
C. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan
D. Menghormati keputusan yang telah disepakati bersama
Jawaban: B. Bersikap adil kepada semua orang tanpa memandang suku atau agama
Pembahasan: Sila kelima berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” yang menekankan keadilan dan kesetaraan bagi semua warga.
7. Apa yang menjadi dasar Pancasila sebagai ideologi negara?
A. Tradisi masyarakat Indonesia
B. Kebudayaan lokal
C. Pengalaman sejarah perjuangan bangsa
D. Perintah pemerintah
Jawaban: C. Pengalaman sejarah perjuangan bangsa
Pembahasan: Pancasila lahir dari pengalaman sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan, yang mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa.
8. Contoh pengamalan sila ketiga Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah:
A. Beribadah sesuai agama masing-masing
B. Ikut serta dalam kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan
C. Mendiskusikan masalah sekolah dengan teman
D. Menghormati perbedaan pendapat dalam rapat
Jawaban: B. Ikut serta dalam kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan
Pembahasan: Sila ketiga, “Persatuan Indonesia,” menekankan pentingnya kebersamaan dan kerja sama dalam menjaga persatuan, yang bisa diwujudkan melalui gotong royong.
9. Musyawarah untuk mufakat adalah salah satu nilai utama dalam Pancasila sila ke-:
A. Kedua
B. Keempat
C. Ketiga
D. Kelima
Jawaban: B. Keempat
Pembahasan: Sila keempat berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan,” yang menekankan pentingnya musyawarah untuk mencapai keputusan bersama.
10. Pancasila sebagai ideologi terbuka berarti:
A. Pancasila dapat diubah sesuai dengan zaman
B. Pancasila fleksibel dan dapat disesuaikan dengan perkembangan masyarakat
C. Pancasila tidak memiliki pedoman yang jelas
D. Pancasila hanya berlaku di masa lalu
Jawaban: B. Pancasila fleksibel dan dapat disesuaikan dengan perkembangan masyarakat
Pembahasan: Pancasila sebagai ideologi terbuka berarti bahwa Pancasila dapat beradaptasi dengan perubahan zaman, tanpa mengubah nilai-nilai dasarnya.
Soal Essay
11. Jelaskan mengapa Pancasila menjadi dasar negara dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia?
Jawaban: Pancasila menjadi dasar negara Indonesia karena mengandung nilai-nilai luhur yang diambil dari budaya, tradisi, dan pengalaman sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pancasila berfungsi sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjamin keadilan sosial dan kebebasan beragama di seluruh masyarakat.
12. Bagaimana penerapan nilai-nilai sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah?
Jawaban: Nilai sila pertama, “Ketuhanan Yang Maha Esa,” dapat diterapkan di sekolah dengan cara menghargai perbedaan agama dan kepercayaan teman-teman, saling mendukung dalam menjalankan ibadah, dan tidak memaksakan keyakinan pada orang lain. Misalnya, menghormati waktu teman beribadah dan tidak mengganggu mereka yang sedang berdoa.
13. Berikan contoh nyata perilaku yang mencerminkan semangat gotong royong di lingkungan masyarakat!
Jawaban: Contoh nyata perilaku gotong royong di masyarakat adalah bersama-sama membersihkan lingkungan desa atau kampung, membangun fasilitas umum seperti jembatan atau pos ronda, dan membantu tetangga yang sedang mengadakan acara besar seperti pernikahan atau kegiatan lainnya.
14. Apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka? Berikan contoh bagaimana Pancasila sebagai ideologi terbuka dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman!
Jawaban: Pancasila sebagai ideologi terbuka berarti bahwa Pancasila dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan perubahan sosial, ekonomi, serta politik, tanpa mengubah nilai-nilai dasarnya. Contohnya, dalam menghadapi era digital dan globalisasi, nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong tetap relevan dengan kolaborasi online atau kegiatan kemasyarakatan berbasis teknologi.
15. Bagaimana nilai sila kedua Pancasila bisa diterapkan dalam menghormati hak asasi manusia di sekolah?
Jawaban: Sila kedua Pancasila, “Kemanusiaan yang adil dan beradab,” bisa diterapkan dengan menghargai dan memperlakukan semua siswa dengan adil tanpa diskriminasi, misalnya menghargai pendapat teman, tidak melakukan perundungan (bullying), dan membantu teman yang mengalami kesulitan belajar tanpa membedakan latar belakang sosial atau suku.
Belum ada Komentar untuk "Soal UH PPKn Kelas 5 Unit 1 Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar