Soal UH PPKn Kelas 4 BAB 1 Kurikulum Merdeka
Contoh Soal & Jawaban Ulangan Harian (UH) / Asesment Sumatif BAB 1 PPKn Kelas 4 SD pada Kurikulum Merdeka - Agar semakin terbiasa dengan Kurikulum Merdeka, murid bisa mempelajari contoh soal sesuai jenjang kelas masing-masing. Seperti halnya contohnya soal PPkn kelas 4 semester 1 ini. Yuk pelajari sejumlah contoh soal berikut!
Soal & Jawaban Asesmen Sumatif PPkn BAB 1 Kelas 4 Kurikulum Merdeka
1. Berikut ini merupakan tokoh yang hadir dalam sidang BPUPKI, kecuali...
a. Mr. Muhammad Yamin
b. Prof. Dr. Mr. Soepomo
c. Sayuti Melik
d. Ir. Soekarno
Jawaban: c. Sayuti Melik
Pembahasan : Dimana teks proklamasi sebelumnya disusun melalui tulisan tangan Soekarno atas pandangan dari Muhammad Hatta dan Ahmad Subarjo. Dengan keterampilan mengetiknya, Sayuti Melik membantu mengabadikan teks proklamasi menjadi dokumen resmi yang dapat dipublikasikan.
2. Suatu hari, Andi bermain di taman bersama teman-temannya. Mereka menemukan sebuah dompet yang tergeletak di bawah bangku taman. Dompet itu berisi uang dan kartu identitas seseorang. Teman-teman Andi mengusulkan untuk membagi uangnya, tetapi Andi merasa itu bukan tindakan yang benar. Apa yang seharusnya dilakukan Andi?
a. Membagi uangnya dengan teman-teman.
b. Menyimpan dompet tersebut.
c. Melaporkan temuan dompet ke pihak berwenang.
d. Membuang dompet tersebut.
Jawaban: c. Melaporkan temuan dompet ke pihak berwenang.
Pembahasan: Andi harus melaporkan temuan dompet ke pihak berwenang agar pemilik dompet dapat ditemukan dan barang yang hilang dapat dikembalikan. Tindakan ini menunjukkan sikap jujur dan bertanggung jawab.
3. Usulan Ir. Soekarno lima asas bentuk dasar negara Indonesia yaitu kecuali...
a. Nasionalisme atau Kebangsaan Indonesia.
b. Kekeluargaan
c. Internasionalisme atau Perikemanusiaan.
d. Mufakat atau Demokrasi.
Jawaban: b. Kekeluargaan
Pembahasan : Salah satu usulan dari lima gagasan dasar negara Indonesia merdeka oleh Prof. Dr. Mr. Soepomo yaitu Kekeluargaan. Usulan lainnya yaitu Persatuan, Keseimbangan lahir batin, Musyawarah dan Keadilan rakyat.
4. Di sekolah, Rani melihat temannya, Budi, tidak membawa bekal dan terlihat sangat lapar. Rani tahu bahwa Budi tidak memiliki uang untuk membeli makanan di kantin. Rani memiliki dua roti yang dibawanya dari rumah. Apa yang sebaiknya dilakukan Rani?
a. Membiarkan Budi kelaparan.
b. Memberikan salah satu roti kepada Budi.
c. Menjual roti kepada Budi.
d. Menyembunyikan roti agar Budi tidak melihatnya.
Jawaban: b. Memberikan salah satu roti kepada Budi.
Pembahasan: Rani sebaiknya memberikan salah satu rotinya kepada Budi. Tindakan ini menunjukkan sikap peduli dan berbagi dengan sesama, yang merupakan nilai yang penting dalam kehidupan sosial.
5. Nilai-nilai juang para pahlawan dalam lingkungan keluarga dapat diterapkan dengan...
a. Membuka diri untuk menerima masukan dari anggota keluarga yang lain.
b. Terbiasa berdialog dengan guru dan warga sekolah lainnya.
c. Memanfaatkan teknologi untuk kepentingan masyarakat.
d. Bekerjasama dengan bangsa lain.
Jawaban : a. Membuka diri untuk menerima masukan dari anggota keluarga yang lain.
6. Pak Budi, seorang guru PPKn, mengajarkan kepada murid-muridnya tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Ia memberikan contoh dengan selalu membuang sampah pada tempatnya dan mengajak murid-murid untuk melakukan hal yang sama. Mengapa menjaga kebersihan lingkungan itu penting?
a. Agar mendapatkan penghargaan dari sekolah.
b. Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan bersama.
c. Supaya terlihat keren di depan teman-teman.
d. Karena takut dimarahi oleh guru.
Jawaban: b. Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan bersama.
Pembahasan: Menjaga kebersihan lingkungan penting untuk kesehatan dan kenyamanan semua orang. Lingkungan yang bersih dapat mencegah penyakit dan membuat suasana menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.
7. Berikut ini merupakan nilai-nilai juang para pahlawan dalam lingkungan sekolah, kecuali...
a. Tidak pandang bulu dalam bergaul.
b. Berani menegur teman yang berbuat tidak baik.
c. Memberikan kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapatnya.
d. Senantiasa terbuka terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakatnya.
Jawaban : d. Senantiasa terbuka terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakatnya.
8. Siti sering terlambat datang ke sekolah karena harus membantu orang tuanya bekerja di pagi hari. Ia merasa kesulitan mengatur waktu antara membantu orang tua dan pergi ke sekolah tepat waktu. Apa yang seharusnya dilakukan Siti untuk mengatasi masalah tersebut?
a. Mengabaikan pekerjaan rumah dan fokus ke sekolah saja.
b. Membicarakan masalahnya dengan guru dan orang tuanya untuk mencari solusi bersama.
c. Tetap membantu orang tua tanpa memberitahu siapapun.
d. Berhenti sekolah agar bisa membantu orang tua sepenuhnya.
Jawaban: b. Membicarakan masalahnya dengan guru dan orang tuanya untuk mencari solusi bersama.
Pembahasan: Siti sebaiknya berbicara dengan guru dan orang tuanya tentang kesulitan yang dihadapinya. Dengan berdiskusi, mereka dapat menemukan solusi yang terbaik sehingga Siti bisa tetap membantu orang tua dan datang ke sekolah tepat waktu.
9. Piagam Jakarta merupakan hasil keputusan bersama para tokoh dalam Panitia Sembilan yang dipimpin oleh Ir. Soekarno yang dibentuk pada tanggal?
a. 22 Juni 1945
b. 23 Juni 1945
c. 24 Juni 1945
d. 25 Juni 1945
Jawaban : a. 22 Juni 1945
10. Di kelas, Ani melihat teman-temannya sering tidak mendengarkan saat guru sedang mengajar. Mereka lebih memilih untuk berbicara satu sama lain atau bermain dengan gadget mereka. Ani merasa terganggu dan sulit untuk berkonsentrasi. Apa yang bisa dilakukan Ani untuk mengatasi situasi ini?
a. Ikut berbicara dan bermain gadget agar tidak merasa bosan.
b. Melaporkan perilaku teman-temannya kepada guru.
c. Mengabaikan teman-temannya dan berusaha fokus sendiri.
d. Meminta izin keluar kelas untuk belajar di tempat lain.
Jawaban: b. Melaporkan perilaku teman-temannya kepada guru.
Pembahasan: Ani sebaiknya melaporkan perilaku teman-temannya kepada guru agar guru dapat mengambil tindakan yang tepat. Ini dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif bagi semua siswa.
11. Ketika ada kerja bakti di lingkungan tempat tinggalnya, Yuda selalu bersemangat ikut serta. Namun, beberapa tetangganya tidak pernah ikut serta dan lebih memilih untuk beristirahat di rumah. Mengapa partisipasi dalam kegiatan kerja bakti penting?
a. Agar terlihat rajin di depan tetangga.
b. Untuk membangun kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan.
c. Supaya tidak dimarahi ketua RT.
d. Karena semua orang diharuskan ikut.
Jawaban: b. Untuk membangun kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan.
Pembahasan: Partisipasi dalam kegiatan kerja bakti penting untuk membangun kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Ini juga membantu menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan tempat tinggal.
12. Cerita: Di hari ulang tahun sekolah, para siswa diminta untuk membawa makanan dan minuman dari rumah untuk acara bersama. Namun, Sari tidak memiliki cukup uang untuk membeli makanan spesial. Apa yang sebaiknya dilakukan Sari?
a. Tidak membawa apapun dan tidak ikut acara.
b. Membawa makanan sederhana yang ada di rumah.
c. Meminjam uang dari teman untuk membeli makanan.
d. Mengatakan kepada guru bahwa ia tidak bisa membawa apapun.
Jawaban: b. Membawa makanan sederhana yang ada di rumah.
Pembahasan: Sari sebaiknya membawa makanan sederhana yang ada di rumah. Partisipasi dalam acara lebih penting daripada jenis makanan yang dibawa. Ini menunjukkan kebersamaan dan kerelaan berbagi dengan apa yang dimiliki.
13. Dalam perjalanan pulang sekolah, Toni melihat ada seorang anak kecil yang tersesat dan menangis. Anak itu tampak kebingungan mencari orang tuanya. Apa yang seharusnya dilakukan Toni?
a. Mengabaikan anak itu dan pulang ke rumah.
b. Membawa anak itu ke kantor polisi terdekat.
c. Memberikan uang kepada anak itu untuk naik taksi.
d. Menyuruh anak itu menunggu di tempat hingga orang tuanya datang.
Jawaban: b. Membawa anak itu ke kantor polisi terdekat.
Pembahasan: Toni sebaiknya membawa anak itu ke kantor polisi terdekat. Polisi dapat membantu menemukan orang tua anak tersebut dengan lebih efektif. Tindakan ini menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap sesama.
14. Di kelas, Dika dan Rina sering berdebat tentang hal-hal kecil dan sulit untuk bekerjasama dalam tugas kelompok. Akibatnya, tugas kelompok mereka sering tidak selesai dengan baik. Bagaimana cara terbaik untuk menyelesaikan konflik antara Dika dan Rina?
a. Membiarkan mereka berdebat sampai salah satu menyerah.
b. Memisahkan mereka dan memberikan tugas individual.
c. Mengajak mereka berdiskusi untuk menemukan solusi bersama.
d. Mengabaikan konflik dan berharap akan selesai sendiri.
Jawaban: c. Mengajak mereka berdiskusi untuk menemukan solusi bersama.
Pembahasan: Cara terbaik untuk menyelesaikan konflik adalah dengan mengajak mereka berdiskusi untuk menemukan solusi bersama. Ini membantu membangun komunikasi yang baik dan kerjasama dalam kelompok.
15. Suatu pagi, di sekolah, Ibu Guru memberikan tugas untuk membuat proyek kelompok. Setiap kelompok harus membuat poster tentang pentingnya menjaga lingkungan. Dalam kelompok Andi, ada anggota yang tidak mau bekerja sama dan lebih memilih bermain. Apa yang sebaiknya dilakukan Andi sebagai ketua kelompok?
a. Membiarkan anggota yang tidak mau bekerja sama.
b. Meminta bantuan guru untuk menyelesaikan masalah ini.
c. Menggantikan anggota yang tidak mau bekerja sama dengan anggota lain.
d. Mengerjakan semua tugas sendiri.
Jawaban: b. Meminta bantuan guru untuk menyelesaikan masalah ini.
Pembahasan: Andi sebaiknya meminta bantuan guru untuk menyelesaikan masalah ini. Guru dapat membantu memotivasi anggota yang tidak mau bekerja sama dan memastikan semua anggota berpartisipasi dalam proyek kelompok.
Belum ada Komentar untuk "Soal UH PPKn Kelas 4 BAB 1 Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar