Soal & Jawaban Post Test Modul 1 Guru Penggerak 2024
Kunci Jawaban Post Test Guru Penggerak Modul 1 Tahun 2024 - Bagi teman-teman yang mengikuti Program Guru Penggerak Tahun 2024, bahwa pelaksanaan Post Test dibuka tanggal 15 Agustus Tahun 2024 dengan batas maksimal pukul 23.59. Untuk itu, bagi teman-teman jangan sampai tertinggal dalam menyelesaikan seluruh kegiatan yang ada pada Modul 1.
Soal Post Test Guru Penggerak Tahun 2024 Modul 1 Beserta Jawaban
1. Definisi pendidikan dan pengajaran menurut KHD adalah...
A. Proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin.
B. Proses persemaian anak-anak sebagai benih yang akan menjadi pelopor di masa yang akan datang.
C. Usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya
D. Menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
E. Tempat persemaian benih-benih yang akan menjadi sumber kebudayaan dalam masyarakat.
2. KHD menyatakan bahwa pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak, untuk itu posisi guru di dalam kelas harus bertindak...
A. Menyusun program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh anak secara menyeluruh sehingga menjadikan anak yang berprestasi.
B. Mnuntun anak untuk menemukan arah dan cara yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan.
C. Melaksanakan evaluasi pembelajaran yang selalu menilai kesesuaian pencapaian prestasi anak ketika belajar.
D. Memberikan penghargaan dan hukuman kepada anak melalui kegiatan yang dapat menstimulus anak semangat belajar.
E. Memastikan pencapaian anak dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan yang di telah ditetapkan sebagai capaian kurikulum.
3. Menurut KHD Pendidikan anak sejatinya menuntut anak untuk mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zamannya. Maksud dari penyataan tersebut adalah...
A. Mewujudkan anak yang unggul dalam hal pengusaan teknologi dan pengetahuan masa kini yang semakin canggih.
B. Kemampuan anak harus berpegang teguh pada kebudayaan yang berlaku yang tidak terpengaruh dengan budaya asing.
C. Pembelajaran hendaknya mengadopsi kemajuan teknologi dari luar sebagai sebuah tantangan kebutuhan abad 21.
D. Pendidikan menjadikan anak memiliki karakter sesuai kultur sosial budaya daerahnya dengan mengedepankan kebutuhan kompetensi masa kini.
E. Pendidikan harus mewujudkan anak yang memiliki kecerdasan akademik dan non akademik
4. Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan budi pekerti dapat dilatih dengan menggunakan permainan anak-anak, seperti permainan mengutas bunga (ngronce) yang dapat melatih...
A. Olah pikir
B. Olah semangat
C. Olah tenaga
D. Olah rasa
E. Olah raga
5. Program yang paling tepat yang dapat dibuat guru untuk menguatkan budi pekerti bagi murid adalah...
A. Menugaskan anak untuk mengikuti kegiatan kemasyarakatan di lingkungan masing-masing sesuai dengan kultur sosial budayanya.
B. Menyusun budaya sekolah yang menstimulus anak untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai pengembangan kecerdasan budi pekerti bagi anak.
C. Mengikutsertakan anak dalam program ekstrakurikuler yang dapat menstimulus anak untuk mengembangkan kecerdasan budi pekertinya.
D. Mengadakan kegiatan parenting untuk membangun kerjasama dengan orang tua bahwa keluarga merupakan tempat yang penting dalam menumbuhkan kecerdasan budi pekerti anak.
E. Selalu mengingatkan anak pentingnya kecerdasan budi pekerti sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat yang lebih baik.
6. Ki Hadjar Dewantara meyakini bahwa proses belajar harus selaras dengan kodrat anak. Pada tiap periode usia anak memiliki kekhususan yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar. Pada periode usia Wiraga, jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali. Dengan demikian, mereka harus banyak bergerak (melatih otot kasar/besar), melatih otot halus, mengeksplorasi indera mereka (pendengaran, perasa, pengecap, penciuman, peraba, termasuk imajinasi), dan mengenali simbol-simbol. Apa yang sebaiknya guru lakukan pada periode ini?
A. Guru berupaya mengembangkan seluruh potensi anak, karena pada periode ini jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali.
B. Guru menuntun dan menantang anak dalam hal pengelolaan diri dan pengenalan potensi dirinya.
C. Guru menuntun anak untuk melakukan, membiasakan, menginsyafi, hingga akhirnya menyadari mengapa mereka (misalnya) melakukan kebiasaan baik yang mereka lakukan di sekolah, bukan sekedar menuruti/mengikuti suatu aturan/kebiasaan saja.
D. Guru berupaya fokus pada pemberian akses dan penyediaan pengalaman belajar agar anak makin merdeka dalam mengeksplorasi “dunia”nya (diri, sesama, dan lingkungan di dekatnya).
7. Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah berkebhinekaan global. Manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk ke dalam berkebhinekaan...
A. Murid mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk lingkungan di sekitarnya.
B. Murid mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut.
C. Murid mampu berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya.
D. Murid mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang yang ada dalam masyarakatnya.
8. Ibu Dahlia sebagai Guru Penggerak senantiasa memunculkan gagasan segar dan tepat guna. Ia juga pantang menyerah serta jeli melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid. Nilai guru penggerak yang sudah dimiliki oleh ibu Dahlia adalah...
A. Inovatif
B. Kolaboratif
C. Mandiri
D. Berpihak kepada peserta didik
9. Anda baru saja ditugaskan menjadi Pembina Pramuka di sekolah. Lewat penyelidikan mandiri, Anda menghadapi tantangan yaitu menurunnya tingkat partisipasi siswa di sekolah terhadap kegiatan Pramuka. Siswa lebih tertarik pada kegiatan lain seperti olahraga dan seni, padahal Pramuka merupakan wahana pembentukan karakter siswa. Menurut Anda, agar kegiatan Kepramukaan bisa menarik minat siswa banyak hal yang harus dibenahi pada Ektrakulikuler Pramuka agar kegiatan Kepramukaan bisa menarik minat siswa. Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang menjadi tindakan PERTAMA dalam rencana Anda?
A. Membuat promosi melalui poster-poster mengenai kegiatan-kegiatan yang ada dalam Ekstrakulikuler Pramuka
B. Membuat peraturan dan kebijakan berkaitan dengan persoalan menurunnya partispasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka
C. Memberikan reward kepada siswa yang berpartispasi aktif dalam mengikuti kegiatan Pramuka
D. Meminta pendapat guru-guru untuk menemukan jalan keluar permasalahan mengenai menurunnya partispasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka
E. Mengumpulkan data otentik yang menunjukkan bahwa menurunnya partispasi siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka adalah masalah
10. tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak sebagai couch bagi guru lain adalah ...
A. Memberikan arahan dan refleksi dari praktik profesionalnya
B. Melakukan evaluasi proses terkait pembelajaran yang dilakukan
C. Melakukan refleksi dan berbagi pengalaman praktik profesionalnya
D. Memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi rekan sejawat
E. Mengadakan dialog dengan rekan sejawat untuk menumbuhkan budaya belajar
11. Pendekatan yang paling tepat untuk mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan perubahan dalam manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan adalah...
A. Memberikan apresiasi atas hal yang sudah berjalan baik.
B. Mengubah kebiasaan sekolah sesegera mungkin.
C. Mencoba melakukan perencanaan perubahan.
D. Memahami dan menemukan hal positif dari warga sekolah untuk dikembangkan.
E. Meningkatkan sumber daya manusia.
12. Anda seorang guru di sebuah Sekolah Dasar. Anda akan membuat sebuah perubahan dengan menggunakan pola pikir positif melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA). Anda ditunjuk Kepala Sekolah menjadi penanggung jawab kegiatan pelepasan siswa Kelas VI. Anda mempunyai waktu 4 minggu untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Apa yang akan Anda lakukan pertama kali?
A. Menunjuk anak yang melakukan pentas seni dan menyewa pakaian untuk penampilan serta melatihnya.
B. Mencari pelatih seni untuk membimbing pertunjukkan.
C. Mengadakan rapat orang tua untuk penggalangan dana.
D. Mengumpulkan siswa kelas 1 s.d kelas 5 untuk membersihkan tempat yang akan digunakan.
E. Meminta Kepala Sekolah untuk mengumpulkan semua guru dan mendiskusikan pembagian tugas sesuai kemampuannya.
13. Anda melakukan ko-kreasi melalui langkah-langkah BAGJA, dengan mendefinisikan sekolah di masa depan menjadi sekolah yang ramah sampah, dan dapat memanfaatkannya, serta warga sekolah mempunyai kemampuan untuk melakukan itu semua. Hal ini menggambarkan kegiatan pada pada langkah :
A. Jabarkan Rencana
B. Ambil Pelajaran
C. Gali Mimpi
C. Buat Pertanyaan
D. Atur Eksekusi
14. Anda sudah menyusun sebuah rencana perubahan dan melakukan Aksi Nyata dengan mengidentifikasi dan mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada.Pernyataan di atas menggambarkan tindakan yang...
A. Menggunakan pola pendekatan berbasis kekuatan.
B. Mengungkap fakta yang positif dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah.
C. Mengarahkan perhatian ke arah yang positif.
D. Memusatkan perhatian pada tujuan/ keinginan.
E. Mendorong tindakan dan perubahan nyata.
15. Banyak hal positif yang sudah Anda lakukan dalam mengeksekusi prakarsa perubahan diri menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif. Langkah apa yang selanjutnya dapat Anda lakukan agar keberhasilan yang dicapai lebih bermanfaat?
A. Membuat laporan lengkap kepada Kepala Sekolah
B. Merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan dan membagikannya pada komunitas praktisi.
C. Mendokumentasikan tiap langkah kegiatan.
D. Membuat karya tulis untuk memenuhi kebutuhan angka kredit.
E. Menuliskannya dalam bentuk jurnal.
16. Roni selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya dan selalu dikumpulkan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kondisi ini menggambargan adanya motivasi diri Roni yang...
A. Tidak ingin mendapatkan teguran dari gurunya dan ingin menjadi anak yang bertanggung jawab.
B. Ingin menghargai dirinya sendiri dengan nilai-nilai yang dipercayanya dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.
C. Ingin menghargai dirinya sendiri dan juga ingin dihargai oleh guru maupun teman-temannya
D. Ingin mendapatkan pujian dari temannya dan berusaha menjadi anak yang bertanggung jawab
E. Ingin mendapatkan penghargaan dari gurunya dan ingin menjadi teladan bagi teman-temannya.
17. Tono yang tidak mengerjakan tugas. Kemudian terjadilah percakapan Tono dan gurunya, sebagai berikut:
Guru: “Tono, tahukah kamu kalau hari ini ada tugas yang harus dikumpulkan?”
Tono: “Tahu Pak!”
Guru: “Kamu tidak mengerjakan tugas, apakah kamu sudah mengerti konsekuensi yang harus dilakukan bila tidak mengerjakan tugas?”
Tono: “Paham Pak, saya harus tinggal kelas pada jam istirahat nanti dan mengerjakan tugas ketertinggalan saya.”
Guru: “Ya, benar, nanti pada saat jam istirahat kamu harus tinggal di kelas untuk menyelesaikan tugas yang harus dikumpulkan. Saya tunggu”
Berdasarkan kasus tersebut, posisi kontrol apa yang diambil oleh guru dalam pendekatannya kepada Tono?
A. Teman
B. Penghukum
C. Manajer
D. Pemantau
E. Pembuat merasa bersalah
18. Sisi kedua dari segitiga restitusi adalah validasi tindakan yang salah. Setiap tindakan kita dilakukan dengan suatu tujuan, yaitu memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan untuk memvalidasi kebutuhan anak:
1) “Apa nilai-nilai umum yang kita telah sepakati?”
2) “Apakah kamu sedang menjadi teman yang baik buat dirimu sendiri?”
3) “Kamu patut bangga pada dirimu sendiri karena kamu telah melindungi sesuatu yang penting buatmu”.
4) “Kamu boleh mempertahankan sikap itu, tapi kamu harus menambahkan sikap yang baru.”
Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih, agar bisa memvalidasi kebutuhan mereka?
A. 2 dan 4
B. 1 dan 4
C. 1 dan 2
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
19. Dalam aksi nyata, Anda diminta menerapkan pemahaman Anda terkait budaya positif di kelas atau di sekolah. Anda menemukan murid-murid Anda di sekolah kepeduliannya terhadap sesama masih kurang. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang mungkin dapat dilakukan:
1) Menciptakan Program Kebajikan yang berkaitan dengan peduli dan empati
2) Memberikan penguatan positif atau bujukan agar murid-murid yang kurang berempati dapat bersikap baik kepada teman-temannya di sekolah
3) Memberikan tanda bintang untuk murid yang memiliki sikap yang baik
4) Pembentukan keyakinan Kelas melalui poster-poster nilai kebajikan kepedulian/empati
Berdasarkan aktivitas/program di atas, program aksi nyata mana yang Anda akan pilih agar murid Anda dapat belajar dengan aman dan nyaman?
A. 2 dan 4
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 1 dan 2
20. Anda memahami bahwa budaya positif di sekolah memberikan manfaat yang penting dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid.
Anda berencana melakukan tindak lanjut dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda. Cermati pilihan rencana tindak lanjut berikut.
1) melakukan kolaborasi yang baik dengan rekan sejawat dalam membuat program-program kebajikan universal
2) melakukan kolaborasi yang baik dengan Kepala Sekolah dalam membuat peraturan dan konsekuensi yang disepakati murid
3) berbagi pengalaman dan pembelajaran selama mempraktikkan aksi nyata budaya positif di kelas
4) membuat program keyakinan kelas di sekolah secara mandiri
Menurut Anda, rencana mana yang baik dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda?
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 1 dan 3
E. 1 dan 4
Belum ada Komentar untuk "Soal & Jawaban Post Test Modul 1 Guru Penggerak 2024"
Posting Komentar