Modul 2 Merancang Pembelajaran SMK

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran (SMK) Modul 2 Merancang Pembelajaran SMK - Hallo sahabat Bank Soal, informasi kali ini yang akan disajikan adalah referensi jawaban Pelatihan Mandiri, jadi simak baik-baik informasi berikut :




Kunci Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Modul 2 Merancang Pembelajaran SMK



A. Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik

1. Berikut yang bukan kriteria pertanyaan pemantik adalah
a. Inti dari topik pembelajaran
b. Berupa pertanyaan terbuka
c. Memikat ketertarikan murid pada topik yang akan dipelajari
d. Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh murid

Ketika sekolah dahulu, adakah pelajaran yang mau tidak mau diikuti, padahal tidak paham hingga saat ini, mengapa kita belajar hal tersebut? Ceritakan yuk!
Jawab : Tahun 2000 saya meneruskan jenjang pendidikan ke tingkat STM, kalau sekarang SMK, tepatnya jurusan Bodi Otomotif. Pelajaran produktif adalah mata pelajaran yang paling saya inginkan, tapi mapel tersebut adalah mapel yang paling saya tidak sukai. Mengapa demikian? Karena saat jam praktek hal yang paling saya benci adalah diminta menggambar objek asli, misal mesin, nah bagaimana saya bisa? Akhirnya ya sebisa saya menggambar, perkara hasil ya saya pikirkan nanti. Tapi berkat perjuangan dan usaha yang maksimal, hasil sejajar dengan perjuangan.


B. Merancang Asesmen Pembelajaran

1. Indikator pencapaian kompetensi dibuat untuk...
a. Memastikan tujuan pembelajaran sudah tercapai
b. Membuat pengukuran yang terarah
c. Memudahkan dalam merancang asesmen
d. Semua benar

2. Saat merancang asesmen kita menentukan hal-hal berikut, kecuali...
a. Indikator pencapaian kompetensi
b. Pertanyaan pemantik
c. Alat ukur yang akan dipakai
d. Panduan asesmen untuk murid

Saat menjadi murid dahulu, bagaimana perasaan Ibu dan Bapak Guru saat mengerjakan ujian/ulangan?
Jawab : Perasaan takut tidak lulus itu pasti, tapi sisi positif lain yang waktu itu saya rasakan adalah saya jadi rajin belajar.


C. Merumuskan Modul Ajar

1. Keterampilan murid yang harus dikuasai saat akan mempelajari suatu topik disebut...
a. Tujuan pembelajaran
b. Kompetensi prasyarat
c. Indikator keberhasilan
d. Rubrik penilaian

2. Komponen minimum yang harus tercantum dalam modul ajar adalah...
a. Tujuan pembelajaran, profil pelajar Pancasila, pemahaman bermakna, dan rencana asesmen
b. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, pertanyaan pemantik, dan media pembelajaran
c. Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, rencana asesmen, dan media pembelajaran
d. Tujuan pembelajaran, sarana dan prasarana, profil pelajar Pancasila, dan media pembelajaran

3. Dalam menyiapkan rencana asesmen, perlu dilengkapi dengan instrumen penilaiannya.
a. Benar
b. Salah

Menurut Ibu dan Bapak Guru, pembelajaran yang membosankan itu yang seperti apa?
Jawab : Pembelajaran yang membosankan adalah pembelajaran yang hanya monoton, seperti menuangkan air dalam gelas.


Kunci Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SMK



1. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah...
A. 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus
B. Musik dan vokal terdengar harmonis
C. Suara musik tidak mendominasi
D. Artikulasi dan nada tepat

2. Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali ...
A. Meningkatkan pemahaman murid.
B. Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
C. Jika sesuai minat murid, akan meningkatkan motivasi murid dalam belajar
D. Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi

3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1. Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran
2. Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu
3. Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik
4. Menjadi umpan balik proses pembelajaran
Pernyataan di atas yang terkait pemahaman bermakna ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 2
D. 3 dan 4

4. Pertanyaan yang tepat mengenai modul ajar ialah…
A. Modul ajar harus memuat komponen profil pelajar Pancasila.
B. Pendidik dapat memodifikasi modul ajar yang telah disediakan.
C. Prinsip yang digunakan dalam membuat modul ajar berbeda-beda untuk setiap mata pelajaran.
D. Pendidik harus membuat modul ajar dari awal untuk setiap mata pelajaran.

5. Pernyataan berikut ini yang tidak terkait dengan asesmen formatif adalah...
A. Dilakukan bersamaan dengan proses pembelajaran dan dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
B. Dapat dilakukan di awal pembelajaran untuk mengetahui kesiapan peserta didik.
C. Dijadikan acuan untuk nilai rapor, menentukan kelulusan, dan dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan lainnya.
D. Dilaksanakan dengan metode sederhana, sehingga dapat diperoleh umpan balik dengan cepat.

6. Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam.
Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
A. Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “Kirakira siapa yang ada pada gambar ini?”
B. Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?”
C. Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?”
D. Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?”

7. Indikator pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan
A. Asesmen formatif yang akan dilakukan
B. Asesmen sumatif yang akan dilakukan
C. Tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
D. Sarana dan prasarana belajar murid

8. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
1. Mengukur pencapaian hasil belajar
2. Mengetahui kemampuan awal peserta didik
3. Mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
4. Mendapatkan nilai dari pencapaian hasil belajar
Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen formatif ditunjukkan oleh nomor...
A 1 dan 2
B 2 dan 3
C 1 dan 3
D 2 dan 4

9. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian tujuan pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus adalah. . . .
A. Menentukan tujuan pembelajaran
B. Menentukan jenis asesmen
C. Menentukan capaian pembelajaran
D. Menentukan kriteria ketercapaian

10. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :
1. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.
2. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
3. Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.
4. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.
Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4

11. Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah ...
A. Merupakan pemahaman praktis.
B. Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran.
C. Didapat melalui berbagai proses pencarian belajar.
D. Tidak memiliki jawaban 'benar' atau 'salah'.

12. Pertanyaan yang tepat mengenai modul ajar ialah…
A. Modul ajar harus memuat komponen profil pelajar Pancasila.
B. Pendidik dapat memodifikasi modul ajar yang telah disediakan.
C. Prinsip yang digunakan dalam membuat modul ajar berbeda-beda untuk setiap mata pelajaran.
D. Pendidik harus membuat modul ajar dari awal untuk setiap mata pelajaran.

13. Pernyataan berikut yang salah terkait rancangan pembelajaran adalah ...
A. Guru dapat merencanakan pembelajaran melalui RPP atau modul ajar.
B. RPP tidak ada dalam Kurikulum Merdeka.
C. Rancangan pembelajaran, baik itu RPP atau modul ajar perlu memuat komponen asesmen.
D. Dibandingkan dengan RPP, modul ajar memiliki komponen utama yang lebih lengkap.

14. Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
1. Bagaimana cara mengukur panjang sebuah meja?
2. Alat apa saja yang dapat digunakan untuk mengukur meja?
3. Bagaimana cara menggunakan timbangan?
4. Apa yang bisa dilakukan untuk mengukur berat udara?
Bu Ami adalah seorang guru Fisika. Saat ini Bu Ami sedang menyampaikan pembelajaran mengenai pengukuran. Dari pertanyaan di atas, manakan pertanyaan pemantik yang dapat di gunakan oleh Bu Ami?
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3

15. Indikator pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan
A. Asesmen formatif yang akan dilakukan
B. Asesmen sumatif yang akan dilakukan
C. Tujuan pembelajaran yang akan dilakukan ok
D. Sarana dan prasarana belajar murid

16. Dalam penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada...
A. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
B. Aspek dan tingkat capaian peserta didik
C. Capaian pembelajaran sesuai fase
D. Lembar penilaian yang disiapkan


Demikian informasi tentang Jawaban Modul 2 Merancang Pembelajaran SMK yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow agar selalu dapat notifikasi informasi terbaru. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Modul 2 Merancang Pembelajaran SMK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel