Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SMK)
Kunci Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran (SMK) Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SMK) - Hallo sahabat Bank Soal, informasi kali ini yang akan disajikan adalah referensi jawaban Pelatihan Mandiri, jadi simak baik-baik informasi berikut :
Kunci Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SMK)
A. Materi Visi Misi dan Budaya Satuan Pendidikan
1. Pada pilihan berikut, pernyataan yang salah mengenai visi dan misi yaitu:
a. Visi adalah gambaran masa depan.
b. Misi dituliskan dalam kalimat tindakan.
c. Visi bersifat realistis, kredibel, dan atraktif.
d. Visi tidak harus selalu ideal.
2. Budaya sekolah ditentukan oleh:
a. Pemerintah daerah
b. Kepala sekolah dan manajemen sekolah
c. Perwakilan seluruh warga sekolah
d. Guru bersama perwakilan orang tua
Jika boleh berandai-andai, sekolah impian Ibu dan Bapak Guru itu sekolah yang bagaimana?
Jawab : Sekolah yang mengedepankan pendidikan karakter. Dimana proses menguatkan nilai budi pekerti dan nilai-nilai moral menjadi hal yang wajib dilakukan pada satuan pendidikan.
B. Materi Memahami Capaian Pembelajaran
1. Naskah CP terdiri dari...
a. Rasional, tujuan, karakteristik, dan mata pelajaran
b. Rasional, tujuan, alur, dan capaian pembelajaran
c. Rasional, tujuan, karakteristik, dan capaian pembelajaran
d. Rasional, alur, karakteristik, dan profil pelajar pancasila
2. Capaian Pembelajaran adalah...
a. Materi pembelajaran yang harus dipelajari peserta didik pada setiap fase.
b. Kompetensi dan lingkup materi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase.
c. Kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap kelas.
d. Urutan materi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase
3. Kemendikbudristek sudah menetapkan Capaian Pembelajaran yang berisi tujuan akhir dan waktu tempuh per fase. Namun siapa yang bertanggungjawab untuk memahami Capaian Pembelajaran sebagai proses perencanaan pembelajaran?
a. Pemerintah
b. Kemdikbudristek
c. Kepala satuan pendidikan
d. Pendidik yang bersangkutan
Apa hal baru yang Anda dapatkan saat membaca Capaian Pembelajaran untuk mata pelajaran yang Anda ampu?
Jawab : Untuk mengetahui capaian kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik.
C. Materi Merumuskan Tujuan Pembelajaran
1. Tujuan Pembelajaran dikembangkan dari...
a. Kompetensi dasar
b. Lingkup materi
c. Capaian Pembelajaran
d. Alur tujuan pembelajaran
2. Pada alternatif 2, pendidik dapat merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis...
a. Kompetensi dan metode
b. Rasional dan indikator
c. Kompetensi dan lingkup materi
d. Capaian pembelajaran dan kompetensi
3. Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum bukan tujuan pembelajaran harian.
a. Benar
b. Salah
Sebelumnya, bagaimana cara Anda merumuskan Tujuan Pembelajaran? Apakah cara tersebut masih dapat digunakan?
Jawab : Berdasarkan kompetensi dan lingkup materi.
D. Materi Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
1. Peran yang dapat dipilih pendidik dalam kaitan dengan alur tujuan pembelajaran adalah...
a. Merancang sendiri berdasarkan Capaian Pembelajaran
b. Mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan
c. Menggunakan contoh yang disediakan pemerintah
d. Semua benar
2. Tujuan pembelajaran yang disusun berdasarkan satu alur (sequence) yang berurut secara sistematis dan logis disebut dengan...
a. Capaian Pembelajaran
b. Tujuan pembelajaran
c. Alur tujuan pembelajaran
d. Pembelajaran dan asesmen
3. Setelah merumuskan tujuan pembelajaran, langkah selanjutnya yang dapat diambil adalah menyusun alur tujuan pembelajaran. Penyusunan alur ini dilakukan untuk jangka waktu...
a. Satu Semester
b. Satu tahun
c. Satu fase
d. Sesuai jumlah tujuan pembelajaran
Apa pemahaman baru yang Anda dapatkan mengenai alur tujuan pembelajaran?
Jawab : ATP bermanfaat untuk guru mengembangkan strategi pembelajaran.
Kunci Post Test Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SMK)
1. Perhatikan visi satuan pendidikan berikut:
"Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila"
Berdasarkan visi diatas, maka disusunlah beberapa misi satuan pendidikan. Misi satuan pendidikan yang kurang relevan dengan visi di atas adalah . . . .
A. Melaksanakan program pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan dengan pendekatan STEAM.
B. Mengembangkan kemampuan literasi digital peserta didik melalui perpustakaan digital.
C. Membudayakan hidup disiplin, berjiwa sosial, berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
D. Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan.
2. Perhatikan urutan alur tujuan pembelajaran berikut:
a. Memahami proses ekstraksi secara umum.
b. Menganalisis proses ekstraksi dalam bidang minyak nabati.
c. Menerapkan proses ekstraksi pada minyak kemiri.
Pengurutan alur tujuan pembelajaran di atas menganut prinsip pengurutan.…
A. Dari konkret ke abstrak
B. Deduktif
C. Scaffolding
D. Prosedural
3. Seorang guru harus merancang proses pembelajaran. Pada Kurikulum Merdeka acuan yang dipergunakan untuk merancang tersebut adalah ….
A. Capaian pembelajaran
B. Tujuan pembelajaran
C. Jam mengajar
D Kompetensi Inti KI dan Kompetensi Dasar KD
4. Rasional pada naskah Capaian Pembelajaran menjelaskan tentang …
A. Pentingnya mempelajari sebuah mata pelajaran.
B. Kemampuan atau kompetensi yang dituju oleh peserta didik.
C. Elemen-elemen yang membentuk mata pelajaran.
D. Kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase.
5. Berikut ini yang bukan merupakan alternatif dalam merumuskan tujuan pembelajaran adalah...
A. Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan Capaian Pembelajaran.
B. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis kompetensi’ dan ‘lingkup materi’ pada Capaian Pembelajaran.
C. Merumuskan tujuan pembelajaran lintas elemen Capaian Pembelajaran.
D. Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan keinginan pendidik.
6. Pada jenjang Pendidikan SMK, agar terjadi sinkronisasi sekolah dengan kebutuhan dunia kerja, maka penyusunan ATP dapat dilaksanakan secara kolaboratif, yaitu antara guru dengan ….
A. Guru mata pelajaran lain
B. Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri
C. MGMP tingkat kota / kabupaten
D. Mitra dunia kerja
7. Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah
A. Benar
B. Salah
8. Perhatikan hasil analisis Capaian Pembelajaran berikut:
Kompetensi: Memahami
Ruang lingkup: Alat-alat dasar laboratorium
Salah satu rumusan tujuan pembelajaran pada ranah aplikasi adalah….
A. Menjelaskan jenis-jenis alat dasar laboratorium.
B. Membedakan alat dasar gelas dan non gelas di laboratorium.
C. Menganalisis faktor-faktor penyebab kerusakan alat-alat laboratorium.
D. Menggunakan alat-alat gelas dan non gelas.
9. Saat menyiapkan perangkat pembelajaran dan asesmen untuk fase E, maka hal yang dapat dilakukan oleh pendidik adalah….
A. Membagi setiap elemen dalam satu fase dengan guru yang akan mengajar.
B. Berkolaborasi dan berkomunikasi dengan guru yang mengajar dalam satu mata pelajaran dan fase.
C. Memilih elemen-elemen yang disukai dan diminati saja
D. Membagi elemen berdasarkan urutan Capaian Pembelajaran untuk per kelas.
10. Langkah awal dalam menentukan kompetensi pada tujuan pembelajaran, pendidk menggunakan capaian pembelajaran untuk mencari ….
A. Konten
B. Materi
C. Kata kunci
D. Elemen
11. Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan?
A. Mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
B. Fokus pada materi penting saja
C. Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran
D. Ketiga jawaban di atas benar
12. Lingkungan belajar yang nyaman dapat diwujudkan dengan mewujudkan budaya sekolah yang positif. Berikut yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi budaya sekolah yang positif adalah . . . .
A. Asumsi - asumsi dasar yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
B. Norma yang berlaku di lingkungan masyarakat
C. Keyakinan yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
D. Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan
13. Pahamilah tujuan pembelajaran di bawah ini.
“Peserta didik dapat memahami mata rantai pasok (supply chain)."
Yang termasuk lingkup materi dari tujuan pembelajaran di atas adalah….
A. Peserta didik
B. Memahami
C. Dapat
D. Mata rantai pasok (supply chain)
14. Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:
1. Wawancara.
2. Pemilihan informasi yang relevan.
3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
4. Merumuskan misi sekolah.
5. Merumuskan visi sekolah.
Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....
A. 1-2-3-4-5.
B. 1-2-3-5-4.
C. 2-1-3-5-4.
D. 2-1-5-4-3.
E. 1-3-2-4-5.
15. Alur tujuan pembelajaran harus dibuat tuntas dalam satu fase. Untuk menjaga kesinambungan kompetensi, maka alur tujuan pembelajaran sebaiknya disusun oleh….
A. Guru mata pelajaran masing-masing secara mandiri.
B. Kelompok guru mata pelajaran setiap kelas.
C. Kolaborasi kepala sekolah dan wakil kurikulum
D. Kolaborasi guru yang mengajar dalam satu fase.
16. Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap ….
A. Kenaikan kelas
B. Akhir semester
C. Fase
D. Tujuan pembelajaran
17. Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang kontekstual?
A. Fokus pada salah satu materi penting saja
B. Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran
C. Fokus pada salah satu capaian kompetensi saja
D. Memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik
Demikian informasi tentang Jawaban Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SMK) yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow agar selalu dapat notifikasi informasi terbaru. Terima kasih.
Belum ada Komentar untuk "Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SMK)"
Posting Komentar