Soal & Kunci Jawaban Sistem Kopling Kelas 11 TKRO

Unduh Soal & Kunci Jawaban Sistem Kopling PSPTKR Kelas 11 TKRO Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 - Kopling adalah suatu alat yang hanya dapat ditemukan pada kendaraan dengan transmisi manual. Kopling terletak di antara mesin dan transmisi. Kopling mengatur transfer gaya putar/torsi dari mesin ke pemindah daya dengan kata lain memutus dan menghubungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi melalui kerja pedal.

Untuk membantu adik-adik kelas 11 dalam belajar, Bank Soal menyediakan Soal & Kunci Jawaban Sistem Kopling Kelas 11 TKRO Semester Gasal Tahun 2022/2023.



Download Soal Sistem Kopling Kelas XI Semester Gasal


1. Bagian yang sangat diperlukan pada mobil-mobil bensin, diesel dan beberapa jenis kendaraan lainnya, dimana penggerak utamanya diperoleh dari hasil pembakaran di dalam silinder, disebut....
A. Transmision
B. Axle Shaft 
C. Differential 
D. Engine 
E. Clutch

2. Fungsi utama dari Clutch adalah....
A. Untuk melepaskan dan memutuskan tenaga dari mesin ke transmisi melalui mekanisme penggerak 
B. Untuk menarik tenaga dari mesin ke poros engkol
C. Untuk menggetarkan tenaga dari mesin ke ruang bahan bakar 
D. Untuk melepaskan dan memutuskan tenaga dari engine ke bahan bakar melalui mekanisme penggerak 
E. Untuk mendorong tenaga dari mesin ke roda

3. Yang termasuk bagian utama dari Clutch adalah....
A. Axle Shaft
B. Differential
C. Clutch Disc
D. Clutch Fender
E. EMS

4. Salah satu bagian dari Clutch Disc di antaranya, kecuali....
A. Axle Shaft 
B. Cushion Plate 
C. Torsion Rubber
D. Rivet 
E. Facing

5. Clutch Cover terdiri dari dua tipe, di antaranya....
A. Coil Spring dan Diaphragm Spring
B. Pie Spring dan Diaphragm Spring
C. Coil Spring dan Oval Spring
D. Bar Spring dan Diaphragm Spring
E. Coil Spring dan Pie Spring

6. Mekanisme penggerak Clutch terdiri dari dua yaitu....
A. Penggerak Mekanis dan Penggerak Otomatis 
B. Penggerak Elektrik dan Penggerak Manual 
C. Penggerak Mekanis dan Penggerak Hidrolis 
D. Penggerak Manual dan Penggerak Otomatis
E. Penggerak Elektrik dan Penggerak Otomatis

7. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah Clutch, kecuali....
A. Dapat menghubungkan putaran mesin ke transmisi dengan lembut
B. Dapat menghubungkan putaran mesin ke transmisi tanpa terjadi slip
C. Dapat mendorong putaran dari mesin ke transmisi dengan presisi
D. Dapat memutuskan putaran dari mesin ke transmisi dengan cepat
E. Dapat memutuskan putaran dari mesin ke transmisi dengan sempurna

8. Fungsi dari Clutch Fork adalah....
A. Memberikan suatu permukaan gesek (kasar) pada plat kopling
B. Mendukung/menyangga bagian ujung depan dari poros input transmisi
C. Tuas yang memberi gaya bearing pembebas melawan plat penekan
D. Memungkinkan pengendara mengkopling dengan pedal kaki
E. Memuat permukaan gesek(kasar) antara roda gila dengan plat penekan

9. Plat yang ditekan dengan spring memberi gaya Clutch Plate melawan flywheel adalah....
A. Pressure Plate
B. Clutch Fork
C. Pilot Bearing
D. Clutch Release
E. Release Fork

10. Memuat permukaan gesek (kasar) antara roda gila dengan plat penekan adalah....
A. Clutch Fork
B. Clutch Disc
C. Pilot Bearing
D. Clutch Release
E. Release Fork

11. Bagian dari sistem pemindah tenaga darisebuah kendaraan yaitu sistem yang berfungsi memindahkan tenaga dari sumber tenaga (mesin) ke roda kendaraan (pemakai/penggguna tenaga) disebut dengan...
A. Transmisi 
B. Kopling 
C. Rem 
D. Poros propeller
E. Gardan 

12. Membongkar secara menyeluruh, membersihkan, memeriksa seluruh komponen dan merakitnya kembali dengan menggunakan komponen bawaanya atau dengan komponen yang baru serta melakukan penyetelan agar komponen tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya di sebut...
A. Pemeriksaan
B. Penyetelan
C. Overhoul
D. Pemeliharaan
E. Perbaikan darurat

13. Syarat-syarat yang harus dimiliki oleh kopling adalah...
A. Harus dapat memindahkan tenaga mesin dengan slip
B. Harus dapat memutuskan hubungan dengan pelan
C. Harus dapat memutuskan dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi dengan lembut
D. Harus dapat memutuskan gesekan dengan sempurna dan cepat
E. Harus menggunakan tuas gigi

14. Gigi Sulit masuk pada transmisi manual disebabkan oleh...
A. Garpu pemindah atau hub sleeve rusak
B. Counter shaft gear aus
C. Ring synchromes aus
D. Gasket bocor
E. Pelumas tidak tepat

15. Yang bukan merupakan hal – hal pokok dalam pemeliharan dan pencegahan pada transmisi manual adalah...
A. Pemeriksaan
B. Penyetelan
C. Pemberian oli
D. Perbaikan darurat
E. Penggantian komponen yang rusak

16. Bagian transmisi yang berhubungan dengan poros propeler adalah...
A. Input shaf
B. Clutch hub
C. Bearing
D. Counter
E. Output shaf

17. Di bawah ini yang merupakan komponen kopling adalah, kecuali...
A. Facing
B. Clucth Disc
C. Cushion Plate
D. Final Drive
E. Torsion Rubber

18. Bagian yang berfungsi untuk meredam getaran pada plat kopling adalah...
A. Facing
B. Clucth Disc
C. Cushion Plate
D. Final Drive
E. Torsion Rubber

19. Cushion plate dirancang dengan bentuk bergelombang, tujuanya adalah...
A. Agar pada saat plat penekan mengambang plat kopling, penekan dapat dilakukan dengan cepat
B. Agar pada saat plat penekan melayang plat kopling, penekan dapat dilakukan dengan gesit
C. Agar pada saat plat penekan menyentuh plat kopling, penekan dapat dilakukan dengan perlahan-lahan
D. Agar pada saat plat penekan tidak menyentuh plat kopling, penekan dapat dilakukan dengan licin
E. Agar pada saat plat penekan bersinggungan plat kopling, penekan dapat dilakukan dengan hilang

20. Komponen yangberfungsi sebagai tempat utama pada sistem kopling manual yang dimana didalamnya terdapat komponen-komponen lainnya yang mendukung kerja kopling lebih sempurna adalah...
A. Cushion Plate
B. Torsion Dumper
C. Gardan
D. Clutch Cover
E. Facing

21. Tuas pemindah gigi yang terletak langsung pada transmisi dinamakan...
A. Remote control
B. Floor shift
C. Realase control
D. Direct control
E. Coulom shift

22. Roda gigi jenis helical banyak digunakan pada transmisi jenis roda gigi tetap (konstant mesh dan sincromesh), alasannya adalah...
A. Lebih kuat
B. Ringan
C. Kontak permukaan gigi lebih besar
D. Murah harganya
E. Lebih cepat

23. Fungsi dari sincromesh adalah...
A. Merubah putaran
B. Menambah putaran
C. Menghentikan mesin
D. Membalik putaran
E. Menyamakan putaran

24. Kelebihan yang dimiliki transmisi jenis sincromesh yaitu...
A. Merubah putaran
B. Perpindahan gigi halus
C. Tanpa pelumasan
D. Tanpa pendinginan
E. Mudah perawatan

25. Jenis transmisi manual yang cara kerja dalam pemindahan giginya memerlukan bantuan kopling geser agar terjadi perpindahan tenaga dari poros input ke poros out put dinamakan...
A. Slidingmesh
B. Sliding gear
C. Sincromesh
D. Constanmesh
E. Constan gear

26. Pengoperasian kopling sistem hidraulis ini memanfaatkan...
A. Tekanan hidrolis air
B. Tekanan hidrolis vet
C. Tekanan hidrolis oli
D. Tekanan hidrolis minyak
E. Tekanan hidrolis bahan bakar

27. Cara kerja sistem kopling manual pada saat posisi terhubung yakni...
A. Kanvas kopling bebas dari penekanan/jepitan sehingga putaran mesin tidak dapat diteruskan ke poros input transmisi, hanya sampai pada kanvas kopling
B. Pegas penekan diafragma menekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung/tertekan
C. Pelat penekan diafragma mengungkit plat penekan sehingga pelat kopling bebas dari penekanan
D. Kanvas kopling terjepit diantara final drive dan plat penekan, putaran mesin dapat diteruskan ke poros input transmisi
E. Pelat penekan diafragma mengungkit plat final drive sehingga pelat kopling bebas dari penekanan

28. Kopling dimana penggeraknya dengan menggunakan kabel pembebas yang terpasang di antara pedal kopling dan garpu pembebas kopling merupakan...
A. Tipe kopling otomatis
B. Tipe kopling hidrolis
C. Tipe kopling mekanik
D. Tipe kopling autohidrolis
E. Tipe kopling digitalik

29. Kelemahan kopling mekanis di antaranya adalah...
A. Hanya cocok dipergunakan untuk kendaraan-kendaraan dengan beban berat
B. Tenaga yang digunakan untuk mengoprasinya lebih kecil dibanding tipe hidraulik
C. Sering terjadinya bunyi yang diakibatkan oleh kabel kopling
D. Sering terjadinya bunyi yang diakibatkan oleh mesin
E. Tenaga yang digunakan untuk mengoprasinya lebih kecil dibanding tipe otomatis

30. Bagian dari sistem transmisi manual yang berfungsi untuk mencegah shift fork shaft bergerak maju bersamaan dengan perpindahan gigi adalah...
A. Chamfer & lock ball
B. Key spring
C. Shifting key
D. Interlocking pin
E. Slotted pin

31. Bagian-bagian gigi transmisi yang jadi satu susun tidak dapat dipisah-pisahkan adalah...
A. Clutch gear
B. Output Shaft
C. Drive gear
D. Counter gear
E. Input gear

32. Switch lampu yang terpasang pada transmisi manual adalah untuk...
A. Menerangi dimalam hari
B. Sebagai lampu sein
C. Sama dengan lampu rem
D. Tanda lampu apabila kendaraam mundur
E. Sebagai lampu Transmisi

33. Komponen Sistem Transmisi yang berfungsi untuk memindahkan tenaga putar dari input shaft ke gigi-gigi percepatan sesuai dengan penggunaan gigi adalah...
A. Input Shaft
B. Output Shaft
C. Speed Gear
D. Reverse Idle Gear
E. Counter Gear and Shaft

34. Komponen Sistem Transmisi yang berfunsi untuk untuk merubah arah putaran output shaft sehingga berlawanan dengan putaran input shaft (posisi mundur) adalah...
A. Input Shaft
B. Reverse Idle Gear
C. Speed Gear
D. Reverse Idle Gear
E. Counter Gear and Shaft

35. Komponen Sistem Transmisi yang berfungsi untuk menentukan gear ratio yang berhubungan dengan perubahan percepatan atau momen adalah...
A. Input Shaft
B. Reverse Idle Gear
C. Counter Gear and Shaft
D. Reverse Idle Gear
E. Speed Gear

36. Komponen Sistem Transmisi yang berfungsi untuk meneruskan tenaga putar dari transmisi ke propeller shaft adalah...
A. Input Shaft
B. Reverse Idle Gear
C. Counter Gear and Shaft
D. Reverse Idle Gear
E. Output Shaft

37. Komponen Sistem Transmisi yang berfungsi untuk meneruskan tenaga putar dari kopling ke transmisi adalah...
A. Input Shaft
B. Reverse Idle Gear
C. Counter Gear and Shaft
D. Reverse Idle Gear
E. Output Shaft

38. Komponen Synchromes yang  meneruskan gaya tekan dari hub sleeve selanjutnya ditekan ke synchronizering agar terjadi pengereman pada bagian tirus gigi percepatan (dudukan synchronizering) adalah...
A. Input Shaft
B. Spring Key
C. Counter Gear and Shaft
D. Reverse Idle Gear
E. Output Shaft

39. Komponen Synchromes yang  bergerak maju mundur pada alur bagian luar clutch Hub adalah...
A. Sleeve Hub
B. Spring Key
C. Counter Gear and Shaft
D. Reverse Idle Gear
E. Output Shaft

40. Komponen Synchromes yang berfungsi untuk menyerempakan putaran adalah...
A. Syncrhronizering
B. Spring Key
C. Counter Gear and Shaft
D. Reverse Idle Gear
E. Output Shaft
 

Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal & Kunci Jawaban Sistem Kopling Kelas XI SMK, silahkan klik tautan berikut :

Demikian informasi tentang Soal & Kunci Jawaban Sistem Kopling Kelas 11 TKRO yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal & Kunci Jawaban Sistem Kopling Kelas 11 TKRO "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel