Soal & Jawaban Sistem Air Conditioner (AC) Mobil Kelas 11 TKRO
Unduh Soal & Kunci Jawaban Sistem Air Conditioner (AC) Pemeliharaan Listrik Kendaraan Ringan (PLKR) Kelas 11 TKRO Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 - Sistem AC mobil adalah rangkaian komponen yang dibuat sedemikian rupa, dengan tujuan untuk mengatur suhu dan kelembaban di dalam kabin mobil. Sistem AC mobil juga ada yang tidak selalu mendinginkan kabin, namun memanaskan suhu kabin.
Untuk membantu adik-adik kelas 11 dalam belajar, Bank Soal menyediakan Soal & Kunci Jawaban Sistem Air Conditioner (AC) Kelas 11 TKRO Semester Gasal Tahun 2022/2023.
Download Soal Sistem Air Conditioner (AC) Mobil Kelas XI
1. Apa yang dimaksud dengan sistem AC ?
A. Rangkaian peralatan (komponen) yang berfungsi untuk mendinginkan udara didalam rung bakar
B. Rangkaian peralatan (komponen) yang berfungsi untuk mendinginkan mesin saat kecepatan tinggi
C. Rangkaian peralatan (komponen) yang berfungsi untuk menghangatkan kursi
D. Rangkaian peralatan (komponen) yang berfungsi untuk mendinginkan udara didalam kabin
E. rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk mengatur audio mobil
2. Apa fungsi kompresor pada sistem AC ?
A. Berfungsi untuk memompakan radiator coolant agar tekanannya meningkat sehingga juga akan mengakibatkan temperaturnya turun
B. Berfungsi untuk memompakan refrigrant yang berbentuk gas agar tekanannya meningkat sehingga temperaturnya meningkat
C. Berfungsi untuk memompakan oli mesin agar mesin dingin
D. Berfungsi untuk memompakan refrigrant yang berbentuk gas agar tekanannya menurun sehingga mengakibatkan temperaturnya meningkat
E. Berfungsi untuk variasi mobil agar terlihat canggih
3. Komponen yang berfungsi menyerap panas refrigerant yang telah dikompresikan kompresor dan mengubah refrigerant dari gas ke cair adalah . . .
A. Kompresor
B. Kondensor
C. Receifer
D. Expansion Valve
E. Evaporator
4. Fungsi receifer/dryer pada sistem AC adalah . . .
A. Menampung refrigerant padat sementara selanjutnya mengalirkan ke evaporator melalui expansion valve, sesuai dengan beban pendinginan yang dibutuhkan
B. Menampung refrigerant cair sementara selanjutnya mengalirkan ke kabin melalui expansion valve, sesuai dengan beban pendinginan yang dibutuhkan
C. Menampung refrigerant cair sementara selanjutnya mengalirkan ke evaporator melalui pipa master rem, sesuai dengan beban pendinginan yang dibutuhkan
D. Menampung refrigerant cair sementara selanjutnya mengalirkan ke evaporator melalui expansion valve, sesuai dengan speedometer
E. Menampung refrigerant cair sementara selanjutnya mengalirkan ke evaporator melalui expansion valve, sesuai dengan beban pendinginan yang dibutuhkan
5. Komponen sistem AC yang berfungsi mengabutkan refrigerant ke dalam evaporator agar refrigerant cair dapat segera berubah menjadi gas adalah . . .
A. Kompresor
B. Kondensor
C. Receifer
D. Expansion Valve
E. Evaporator
6. Perbedaan fungsi evaporator dan kondensor dalam pelepasan panas adalah . . .
A. Evaporator menyerap panas dari luar, kondensor melepas panas keluar
B. Evaporator menyerap panas dari mesin, kondensor melepas panas ke mesin
C. Evaporator menyerap panas dari kabin, kondensor melepas panas ke dalam kabin
D. Evaporator melepas panas keluar, kondensor menyerap panas dari luar
E. Evaporator melepas panas dari mesin, kondensor melepas panas ke mesin
7. Komponen yang berfungsi membantu pelepasan panas pada kondensor adalah . . .
A. Kipas dan kisi kondensor
B. Kipas dan kisi evaporator
C. Kompresor dan kisi kondensor
D. Kompresor dan kisi evaporator
E. Kompresor dan expansion valve
8. Kondisi yang ditimbulkan dari gerakan piston/vane pada kompresor adalah . . .
A. Tekanan bagi refrigerant yang berbentuk padat sehingga tekanannya meningkat yang dengan sendirinya juga akan meningkatkan temperaturnya
B. Tekanan bagi refrigerant yang berbentuk padat sehingga tekanannya meningkat yang dengan sendirinya juga akan meningkatkan kecepatan mesin
C. Tekanan bagi refrigerant yang berbentuk gas sehingga tekanannya menurun yang dengan sendirinya juga akan meningkatkan temperaturnya
D. Tekanan bagi refrigerant yang berbentuk gas sehingga tekanannya menurun yang dengan sendirinya juga akan meningkatkan suhu kabin
E. Tekanan bagi refrigerant yang berbentuk gas sehingga tekanannya meningkat yang dengan sendirinya juga akan meningkatkan temperaturnya
9. Gambar di bawah merupakan jenis kompresor tipe . . .
A. Tipe crank
B. Tipe cam
C. Tipe swash plate
D. Tipe through vane
E. Tipe double
10. Gambar di bawah merupakan jenis kompresor tipe . . .
A. Tipe crank
B. Tipe cam
C. Tipe swash plate
D. Tipe through vane
E. Tipe double
11. Gambar diatas merupakan jenis kompresor tipe . . .
A. Tipe crank
B. Tipe cam
C. Tipe swash plate
D. Tipe through vane
E. Tipe double
12. Komponen pada kompresor yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan kompresor dengan putaran mesin adalah . . .
A. Kondensor
B. Receifer/Dryer
C. Kopling magnet
D. Kopling ganda
E. Expansion valve
13. Gambar diatas merupakan jenis kopling magnet . . .
A. Tipe F
B. Tipe G
C. Tipe R
D. Tipe P
E. Tipe S
14. Gambar di bawah merupakan jenis kopling magnet . . .
A. Tipe F
B. Tipe G
C. Tipe R
D. Tipe P
E. Tipe S
15. Dessicant atau filter pada komponen receifer/dryer berfungsi untuk . . .
A. Mencegah kebocoran yang dapat menimbulkan karat maupun pembekuan refrigerant terutama pada expansion valve
B. Mencegah kotoran yang dapat menimbulkan karat maupun pembekuan refrigerant terutama pada expansion valve
C. Mencegah kotoran yang dapat menimbulkan mematikan mesin
D. Mencegah kotoran yang masuk ke ruang bakar
E. Mencegah kotoran yang dapat menimbulkan karat dalam kabin
16. Bagian yang ditunjuk angka nomor 3 pada komponen receifer dryer diatas adalah . . .
A. Dessicant
B. Dryer
C. Filter
D. Sight glass
E. Six glass
17. Dibawah ini yang termasuk jenis expansion valve adalah . . .
A. Expansion valve tekanan konstan dan tipe thermal
B. Expansion valve tekanan statis dan dinamis
C. Expansion valve manual dan otomatis
D. Expansion valve mono dan multi
E. Expansion valve tekanan rendah dan tinggi
18. Gambar di bawah merupakan salah satu jenis evaporator yaitu . . .
A. Tipe thermal
B. Tipe drawn
C. Tipe plate fin
D. Tipe serpentine fin
E. Tipe constan
19. Fungsi pressure switch adalah . . .
A. Mengontrol tekanan yang terjadi pada sisi tekanan rendah melalui kopling magnet
B. Mengontrol tekanan yang terjadi pada sisi tekanan rendah melalui expansion valve
C. Mengontrol tekanan yang terjadi pada sisi tekanan tinggi melalui kopling magnet
D. Mengontrol tekanan yang terjadi pada sisi tekanan tinggi melalui expansion valve
E. Mengontrol tekanan yang terjadi pada sisi tekanan tinggi dan rendah melalui kopling magnet
20. Prinsip kerja stabilizer putaran mesin pada sistem AC adalah. . .
A. Menstabilkan putaran kompresor saat mesin hidup
B. Menstabilkan putaran mesin saat kecepatan tinggi
C. Menstabilkan putaran mesin saat menanjak
D. Menstabilkan putaran mesin saat AC hidup
E. Menstabilkan bahan bakar yang masuk ke ruag bakar
21. Komponen yang terletak antara receifer dan expansion valve adalah . . .
A. Magnetic valve
B. Magnetic clutch
C. Kompresor
D. Evaporator
E. Kondensor
22. Dibawah ini yang termasuk alat pencegah kebekuan pada sistem ac adalah . . .
A. Tipe Thermial dan tipe EPR
B. Tipe konstan dan tipe thermal
C. Tipe statis dan tipe dinamis
D. Tipe Thermistor dan tipe EPP
E. Tipe Thermistor dan tipe EPR
23. Fungsi dari komponen stabilizer putaran mesin adalah . . .
A. Menstabilkan putaran kompresor melalui sensor pendeteksi RPM kompresor yang dipasangkan pada arus primer ignition coil sehingga putaran idle mesin menjadi lebih baik dan tidak mudah mati
B. Menstabilkan putaran kompresor melalui sensor pendeteksi RPM kompresor yang dipasangkan pada arus massa sehingga putaran idle mesin menjadi lebih baik dan tidak mudah mati
C. Menstabilkan putaran mesin melalui sensor pendeteksi RPM mesin yang dipasangkan pada arus primer ignition coil sehingga putaran mesin menjadi lebih kencang
D. Menstabilkan putaran mesin melalui sensor pendeteksi RPM mesin yang dipasangkan pada arus primer ignition coil sehingga putaran idle mesin menjadi lebih baik dan tidak mudah mati
E. Menstabilkan putaran suhu kabin
24. Ketika komponen idle up pada sistem ac rusak maka yang terjadi pada mesin adalah . .
A. Mesin cepat rusak
B. Mesin cepat panas
C. Mesin boros bahan bakar
D. Mesin tidak bisa hidup
E. Mesin susah idle saat AC dihidupkan
25. Perbedaan idle up pada mesin konvensional dengan injeksi terletak pada . . .
A. Penggunaan diapraghhma pada VSV
B. Penggunaan hidrolik pada VSV
C. Penggunaan tuas pada konvensional dan sensor pada mesin injeksi
D. Material komponen mesin injeksi lebih mahal
E. Tidak ada perbedaan
26. Kapan sistem pelindung tali penggerak kompresor berfungsi ?
A. Saat mesin kecepatan tinggi
B. Saat tombol pelindung tali di dalam kabin dihidupkan
C. Saat mesin mati
D. Saat mesin hidup
E. Kapan saja sesuai kebutuhan pengendara
27. Switch ekonomi pada sistem kontrol kompresor dua tingkat akan mematikan kompresor pada suhu . . .
A. 30C
B. 50C
C. 80C
D. 100C
E. 150C
28. Bagaimana prinsip kerja dari magnetic valve ?
A. Memutus dan menghubungkan putaran mesin dengan kompresor
B. Memutus dan menghubungkan putaran mesin dengan transmisi
C. Memutus dan menghubungkan putaran mesin dengan kipas radiator
D. Membuka dan menutup siklus pendingin mesin
E. Membuka dan menutup siklus pendingin AC
29. Pada gambar di bawah bagian yang memiliki tekanan tinggi adalah . . .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
30. Pada gambar diatas bagian yang memiliki tekanan rendah adalah . . .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
31. Urutan aliran refrigerant dari kompresor adalah . . .
A. Kompresor-kondensor-Receifer-Expansion valve-evaporator
B. Kompresor-kondensor-Receifer -evaporator-Expansion valve
C. Kompresor-kondensor -evaporator-Receifer-Expansion valve
D. Kompresor -evaporator-kondensor-Receifer-Expansion valve
E. Kompresor-kondensor-Expansion valve -Receifer –evaporator
32. Sebuah mobil susah stasioner ketika AC dihidupkan. Komponen yang mengalami kerusakan pada masalah tersebut adalah . . .
A. Kompresor
B. Pressure switch
C. Anti frosting
D. Idle up
E. Magnetic valve
33. Pembekuan air pada fin evaporator berada di suhu . . .
A. Dibawah 80C
B. Dibawah 60C
C. Dibawah 40C
D. Dibawah 20C
E. Dibawah 00C
34. Apa yang terjadi apabila tekanan yang terjadi pada sistem ac melebihi batas normal ?
A. Mesin akan rusak
B. Kompresor akan jebol
C. Pipa AC akan bocor
D. Magnetic valve akan hidup
E. Pressure switch akan hidup
35. Komponen dibawah ini yang termasuk komponen tambahan pada sistem ac adalah . . .
A. Pressure switch, anti lagging, stabilizer putaran mesin, idle up
B. Pressure switch, stabilizer steering, idle up, magnetic valve
C. Pressure switch, anti frosting, stabilizer putaran mesin, kontrol kompresor
D. Pressure switch, anti frosting, stabilizer putaran mesin, power up
E. Pressure switch, anti frosting, stabilizer putaran mesin, thermostat
36. Fungsi dari komponen evaporator pada sistem ac adalah . . .
A. Mengubah zat cair refrigerant menjadi gas
B. Mengubah zat gas refrigerant menjadi cair
C. Mengubah zat padat refrigerant menjadi cair
D. Mengubah arus DC menjadi AC
E. Mengubah arus AC menjadi DC
37. Dibawah ini pernyataan yang benar terkait pelepasan panas pada kondensor adalah . . .
A. Kondensor melepas panas melalui kisi dibantu dengan kipas AC
B. Kondensor menyerap panas dari luar ke dalam melalui kisi dibantu dengan kipas AC
C. Kondensor meningkatkan tekanan pada refrigerant agar berubah bentuk zat dari gas ke cair
D. Kondensor menghembuskan udara dengan ke kabin melalui blower AC
E. Kondensor mengatur tekanan pada sistem AC agar tetap berada pada kondisi normal
38. Bentuk zat refrigerant yang terbentuk pada ujung pipa keluar kondensor pada sistem AC yang normal adalah . . .
A. Gas
B. Cair
C. Padat
D. Padat atau cair tergantung setingan AC
E. Cair atau gas tergantung setingan AC
39. Fungsi dari kopling magnet adalah . . .
A. Memutus atau menghubungkan putaran mesin dengan kompresor
B. Memutus atau menghubungkan siklus AC
C. Meningkatkan tekanan refrigerant
D. Mengurangi tekanan refrigerant
E. Melepaskan udara dingin ke kabin
40. Sistem kerja pada kopling magnet adalah . . .
A. Dalam posisi switch AC on, kompressor tidak berputar, kompressor berputar apabila switch AC off, hal ini disebabkan arus listrik ke stator coil akan mengubah stator coil menjadi magnet listrik yang menarik pressure plate dan bidang singgungnya akan bergesekan dan saling melekat dalam satu unit memutar kompresor
B. Dalam posisi switch AC on, kompressor tidak berputar, kompressor berputar apabila switch AC off, hal ini disebabkan arus listrik ke stator coil akan mengubah stator coil menjadi magnet listrik yang menarik pressure plate dan bidang singgungnya akan bergesekan dan saling melekat dalam satu unit memutar kompresor
C. Dalam posisi switch AC off, kompressor tidak berputar, kompressor berputar apabila switch AC on, hal ini disebabkan arus listrik ke solenoid akan menggerakkan tuas yang menarik pressure plate dan bidang singgungnya akan bergesekan dan saling melekat dalam satu unit memutar kompresor
D. Dalam posisi switch AC off, kompressor tidak berputar, kompressor berputar apabila switch AC on, hal ini disebabkan arus listrik ke stator coil akan mengubah stator coil menjadi magnet listrik yang menarik pully bergesekan dan saling melekat dalam satu unit memutar kompresor
E. Dalam posisi switch AC off, kompressor tidak berputar, kompressor berputar apabila switch AC on, hal ini disebabkan arus listrik ke stator coil akan mengubah stator coil menjadi magnet listrik yang menarik pressure plate dan bidang singgungnya akan bergesekan dan saling melekat dalam satu unit memutar kompresor
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal & Kunci Jawaban Sistem Air Conditioner (AC) Mobil Kelas XI SMK, silahkan klik tautan berikut :
Belum ada Komentar untuk "Soal & Jawaban Sistem Air Conditioner (AC) Mobil Kelas 11 TKRO "
Posting Komentar