Soal & Kunci PTS OTK Sarpras Kelas 11 Semester 2 Tahun 2022

Unduh Soal & Kunci PTS OTK Sarana Prasarana Kelas 11 SMK Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Penilaian Tengah Semester (PTS) dilaksanakan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu. Soal PTS mencakup materi dari seluruh kompetensi dasar pada periode tersebut

Untuk membantu adik-adik kelas 11 SMK dalam mempersiapkan diri menghadapi PTS, Bank Soal menyediakan Soal & Jawaban PTS OTK Sarpras Kelas 11 SMK Semester Genap Tahun 2021/2022.



Download Soal PTS OTK Sarpras Kelas XI SMK Semester Genap


1. Berikut komunikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berkomunikasi melalui suara dan tatap muka secara langsung pada monitor merupakan pengertian dari....
A. Interkom
B. Telex
C. Telekonferensi
D. Telepon
E. Megafon

2. Pernyataan yang tidak sesuai mengenai interkom adalah ....
A. Interkom memungkinkan terjadinya komunikasi antara satu orang kepada banyak orang
B. Istilah interkom berasal dari abreviasi istilah dalam bahasa inggris, yaitu intercommunications
C. Interkom adalah alat komunikasi yang efektif karena dapat menerima dan menyampaikan informasi dari jarak jauh, baik di dalam maupun di luar lingkungan kantor
D. Penggunaan interkom umumnya dilakukan oleh pihak operator atau pihak yang memegang tugas administrasi di perusahaan
E. Cara kerja interkom adalah mewartakan suatu berita, baik berupa pengumuman maupun instruksi dari satu bagian lain secara serentak

3. Mesin kantor yang digunakan untuk mengirim data, baik berupa gambar maupun tulisan adalah....
A. Telepon
B. Megafon
C. Interkom
D. Walkie-talkie
E. Faksimile

4. Informasi yang sesuai mengenai megafon adalah....
A. Megafon terbagi menjadi dua jenis, yakni megafon manual dan megafon elektronik
B. Megafon manual biasanya dilengkapi dengan kabel dan kotak kecil yang biasa digunakan untuk menyalurkan suara pengguna ke corong megafon
C. Megafon umumnya digunakan untuk menyampaikan instruksi, pengumuman, ataupun perintah dari satu orang kepada banyak orang secara tidak langsung
D. Megafon biasanya digunakan di tempat berukuran kecil yang berisi banyak orang seperti ruang kelas
E. Megafon dapat digunakan dalam bentuk komunikasi langsung atau tatap muka dan tidak langsung

5. Pengertian mesin kantor secara sederhana adalah ....
A. Mesin kantor yang digunakan untuk melakukan komunikasi baik di lingkungan organisasi maupun luar organisasi
B. Segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi, dan pemindahan informasi antarmedia
C. Mesin kantor yang digunakan untuk melakukan komunikasi antar kolega demi memperoleh keuntungan bagi perusahaan
D. Mesin yang menghubungkan setiap individu dalam lingkup internal (di dalam kantor) ataupun eksternal (di luar kantor)
E. Mesin yang digunakan untuk mengambil, memindahkan, dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat

6. Suatu sistem pelayanan pertukaran berita yang berbentuk tulisan dari jarak jauh dengan menggunakan pesawat teleprinter merupakan pengertian dari....
A. Interkom
B. Telex
C. Telepon
D. Telekonferensi
E. Megafon

7. Alat komunikasi gengam tanpa kabel yang dapat mengkomunikasikan dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio merupakan pengertian dari....
A. Telepon
B. Megafon
C. Interkom
D. Walkie-talkie
E. Faksimile

8. Mewartakan suatu berita, baik berupa pengumuman maupun instruksi , dari satu bagian ke bagian lain secara serentak merupakan pengertian dari....
A. Faksimile
B. Telepon
C. Megafon
D. Interkom
E. Walkie-talkie

9. Berikut ini yang tidak termasuk fungsi faksimile adalah....
A. Memudahkan pengiriman dokumen jika dibandingkan dengan penggunaan pos manual
B. Menghemat waktu dan biaya karena dapat mengirimkan dokumen dari jarak jauh dalam waktu singkat 
C. Untuk mengirim dan menerima dokumen informasi yang sama persis ke berbagai tempat sesuai keinginan
D. Mesin faksimile yang dilengkapi dengan sistem memori dapat difungsikan untuk menyimpan berbagai alamat
E. Mesin faksimile yang dilengkapi dengan sistem memori dapat difungsikan untuk menyimpan banyak dokumen

10. Berikut yang termasuk ciri dari pesawat telepon jenis PABX adalah....
A. Banyak digunakan di perusahaan
B. Biasanya digunakan dirumah-rumah
C. Pengoperasiannya melalui operator
D. Dilengkapi dengan papan tombol
E. Digunakan di ruang operator

11. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut
1) Merupakan pembaharuan dari penyampaian berita melalui telegram
2) Jarak tempuh penggunaannya berkisar antara 0.5 km sampai dengan 2.5 km
3) Digunakan oleh petugas keamanan ataupun petugas pemeliharaan gedung
4) Biaya pengiriman dihitung menurut jangka waktu pengiriman dan jarak wilayah atau zona pengiriman
5) Dioperasikan dengan gelombang radio sehingga tidak memerlukan biaya pulsa
Ciri-ciri dari telex ditunjukkan oleh pernyataan nomor....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 4)
C. 2) dan 5)
D. 3) dan 4)
E. 4) dan 5)

12. Salah satu tata cara dalam penggunaan interkom adalah....
A. Siapkan alat tulis dan buku catatan untuk mencatat pesan
B. Sampaikan salam, identitas diri, dan nama instansi saat membuka percakapan
C. Tekan tombol pemanggil, yaitu tombol “C”, sampai terdengar nada panggil
D. Setelah memastikan nomor tujuan, angkat gagang telepon, kemudian tekan nomor tujuan
E. Setelah percakapan usai, jangan lupa menyampaikan salam penutup  sebelum menutup telepon

13. Etika berbicara saat melakukan dan menerima panggilan telepon adalah....
A. Membiarkan telepon berdering lebih dari tiga kali sebelum mengangkatnya
B. Tidak mengeluhkan gangguan telepon yang dialami kepada lawan bicara
C. Menyampaikan identitas penelepon sejelas-jelasnya
D. Menggunakan bahasa yang lugas, serta suara yang jelas dan sopan
E. Segera menutup telepon sesaat setelah pembicaraan usai

14. Berikut yang tidak termasuk tata cara melakukan panggilan telepon ke luar adalah....
A. Siapkan nomor telepon yang hendak dituju
B. Siapkan alat tulis dan buku catatan untuk mencatat pesan telepon
C. Setelah memastikan nomor telepon tujuan, angkat gagang telepon, kemudian tekan nomor telepon tujuan
D. Pastikan bahwa pihak yang mengangkat telepon adalah pihak yang dituju dengan menyebutkan nama atau instansi yang hendak dituju
E. Menanyakan identitas penelepon sesaat setelah mengucapkan salam pembuka

15. Dalam pengiriman telex di dalam negeri, hal yang dilakukan setelah proses printed out terjadi adalah....
A. Menekan lagi pilihan new line key, line auto disconnect key, serta on/off secara berturut-turut
B. Memasukkan (enter) angka 0 (nol)
C. Memasukkan kode nomor area negara yang dituju
D. Memastikan bahwa letak pita jangan sampai terbalik
E. Meletakkan dua lubang yang sama di sebelah kiri dan tiga lubang yang sama di sebelah kanan

16. Berikut ini yang termasuk tata cara melakukan panggilan melalui walkie-talkie adalah....
A. Jawaban terhadap panggilan hendaknya singkat dan sopan dengan tetap berpegang pada prosedur komunikasi
B. Apabila panggilan pertama tidak terjawab, tunggu lima detik sebelum melakukan panggilan ulang
C. Lakukan komunikasi secara tertib dan bergiliran dengan memperhatikan hierarki atau urgensi berita
D. Apabila mendengar panggilan, jawablah panggilan tersebut sesegera mungkin
E. Setelah percakapan usai, jangan lupa menyampaikan salam penutup

17. Dalam penggunaan komunikasi melalui walkie-talkie, alasan tidak diperbolehkannya menjawab panggilan dari station lain yang belum mendapatkan jawaban adalah....
A. Agar tidak membingungkan station yang dituju
B. Mempersulit pembagian tim, dalam setiap station
C. Agar tidak terkesan menyerobot komunikasi orang lain
D. Dianggap menyalahgunakan aturan dalam berkomunikasi
E. Memudahkan lawan untuk mengetahui posisi yang berkomunikasi

18. Berikut yang tidak termasuk etika dalam penggunaan walkie-talkie adalah....
A. Jika pesan yang disampaikan kurang jelas, jangan ragu untuk meminta pembicara mengulangi dan mengeja sesuai dengan ejaan radio telepon.
B. Gunakan kerahasiaan dengan menghindari penyebutan nama, jabatan, atau senioritas dalam percakapan
C. Berbicaralah dengan menggunakan kecepatan sedang dan irama yang baik
D. Tekan tombol PTT selama kira-kira dua detik, kemudian mulailah berbicara
E. Panggilan hanya dapat dilakukan maksimal sebanyak empat kali

19. Berikut ini yang merupakan cara pemeliharaan mesin faksimile adalah....
A. Bersihkan bagian press rol drum dan tinta pada screen
B. Gunakan alas yang terbuat dari bahan kain lembut
C. Angkat gagang aiphone menggunakan tangan kiri
D. Hindari Percikan Air
E. Bersihkan bagian dalam mesin dengan cara membuka cover mesin dan mengeluarkan drum unit terlebih dahulu (drum unit tidak boleh dibersihkan dan dipegang pada bagian roll warna hijau)

20. Perabot bukan hanya berkaitan dengan harganya tetapi merupakan transformasi wujud efisiensi dan efektivitas dalam pengadaan dan pendayagunaannya. Pernyataan tersebut merupakan pengertian ...
A. Antropometri
B. Ergonomis
C. Keindahan
D. Ekonomis
E. Ekologi

21. Berikut Yang Bukan Standarisasi Peralatan Alat-Alat Kantor Adalah ...
A. Memperoleh Harga Lebih Murah Dengan Membeli Dalam Jumlah Banyak
B. Memberikan Kepuasaan Dan Kenyamanan Kerja
C. Mengembangkan Departemen Layanan Milik Perusahaan Sendiri Yang Lebih Mudah Dan Ekonomis
D. Mengurangi Biaya Pemeliharaan Karena Menggunakan Beberapa Merek Yang Sama
E. Menggunakan Staf Pegawai Yang Dapat Mengoperasikan Semua Mesin Secara Ekonomis

22. Dalam Perabot Perabot Kantor Terdapat Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan, Kecuali ...
A. Perhatikan Pilihan Corak Maupun Warna Untuk Menyatu Dengan Ruang Kantor
B. Kenali Bentuk Perwatan Pada Perabot Kantor Tersebut
C. Pasti Telah Mengetahui Penawaran Harga Tertinggi Barang Tersebut Agar Terkesan Mewah
D. Tentukan Jenis-Jenis Perabot Kantor Yang Dibutuhkan
E.  Perhatikan Desain Maupun Model Perabot Keperluan Kantor Yang Bersangkutan Guna Memenuhi Kenyamanan Sekaligus Tipe

23. Perabot Kantor Adalah Benda Atau Barang Yang Terbuat Dari Besi Dan Kayu. Benda Yang Termasuk Dalam Perabot Kantor Adalah...
A. Lemari
B. Komputer
C. Mesin Tik
D. Mesin Risograf
E. Foto Presiden

24. Peralatan Kantor Dapat Diartikan Sebagai ... .
A. Media Yang Digunakan Dalam Mencapai Tujuan Yang Diinginkan Perusahaan
B. Segala Benda Yang Ada Di Kantor, Baik Yang Berguna Ataupun Tidak Bagi Aktivitas Di Kantor
C. Semua Benda Berbentuk Lembaran Dan Non Lembaran Yang Digunakan Untuk Mendukung Aktivitas Di Kantor
D. Mesin-Mesin Yang Digunakan Untuk Membantu Pekerjaan Para Pegawai Di Sebah Perusahaan
E. Media Yang Digunakan Utnuk Membantu Pimpinan Perusahaan Dalam Mengawasi Kinerja Para Pegawainya.

25. Perabot Yang Digunakan Menyenangkan Untuk Dipakai Karena Bentuk Dan Menarik. Pernyataan Tersebut Merupakan Pengertian Dari ...
A. Antropometri
B. Ergonomis
C. Keindahan
D. Ekonomis
E. Ekologi

26. Pertimbangan Apa Yang Perlu Diperhatikan Pada Saat Akan Melakukan Pengadaan Barang Tersebut...
A. Semua Kebijakan Sesuai Keinginan Dan Selera Pimpinan
B. Disesuaikan Dengan Kemampuan Lembaga Dalam Membeli Barang-Barang Tersebut
C. Sesuaikan Dengan Keinginan Pimpinan Dan Semua Pegawai Yang Akan Menggunakan
D. Disesuaikan Dengan Jumlah Pegawai Yang Menggunakan Dan Kemampuan Lembaga Untuk Pengadaan Barang
E. Serahkan Sepenuhnya Kepada Pimpinan Lembaga

27. Penyaluran Barang Dari Unit Pergudangan Kepada Unit Pemakai Berdasarkan Bon Permintaan Dan Harus Dicatat Pada Buku Pengeluaran Barang Merupakan Langkah ….
A. Pengadaan
B. Penyimpanan
C. Pendistribusian 
D. Pemeliharaan
E. Penghapusan

28. Alat Yang Digunakan Untuk Menyimpan Dokumen Yang Telah Diproses Adalah ….
A. Stopmap
B. HVS
C. Ordner 
D. Formulir Atau Blangko
E. Sheet Correction

29. Ujung Penahan Ungkit Dan Pengungkit Merupakan Bagian Dalam ….
A. Numerator
B. Hecht Machine
C. Staples Remover 
D. Airphone
E. Perforator

30. Peralatan Kantor Yang Tidak Habis Pakai Dan Dapat Digunakan Berulang-Ulang Dalam Kurun Waktu Yang Lama Disebut ...
A. Tata Ruang Kantor
B. Peralatan Kantor
C. Inventarisasi Kantor
D. Perabot Kantor
E. Pengadaan Barang

31. Berikut Yang Bukan Standarisasi Peralatan Alat-Alat Kantor Adalah ...
A. Memperoleh Harga Lebih Murah Dengan Membeli Dalam Jumlah Banyak
B. Memberikan Kepuasaan Dan Kenyamanan Kerja
C. Mengembangkan Departemen Layanan Milik Perusahaan Sendiri Yang Lebih Mudah Dan Ekonomis
D. Mengurangi Biaya Pemeliharaan Karena Menggunakan Beberapa Merek Yang Sama
E. Menggunakan Sekelompok Pegawai Yang Dapat Mengoperasikan Semua Mesin Secara Ekonomis

32. Untuk Menerima Tamu Atau Memberikan Layanan Informasi Pada Tamu/Costumer Yang Datang Ke Perusahaan, Baik Untuk Menyampaikan Keluhan, Mencari Informasi Atau Melakukan Transaks Disebut...
A. Meja Staf
B. Meja Resepsionis
C. Meja Samping
D. Meja Rapat
E. Meja Direksi

33. Penyekat Ruangan Yang Memisahkan Meja Pegawai Yang Satu Dengan Lainnya, Sehingga Masing-Masing Pegawai Dapat Bekerja Tanpa Terganggu Pekerjaannya Oleh Pegawai Lainnya Disebut ...
A. Filling Kabinet
B. Partisi
C. Lemari
D. Kursi
E. Meja

34. Perabot Kantor Merupakan Jenis Perbekalan Tata Usaha Yang Terbuat Dari Kayu Atau Metal Yang Mempunyai Susunan (Misalnya Pintu-Pintu Atau Laci-Laci) Dan Diam Di Tempat.
A. Drs. The Liang Gie
B. CHR. Jimmy L. Gaol
C. CHR. Jommy L. Gaol
D. Drs. The Leang
E. Drs. Jimmy L.Gaol

35. Perabot Kantor Adalah Benda Atau Barang Yang Terbuat Dari Besi Dan Kayu. Benda Yang Termasuk Dalam Perabot Kantor Adalah...
A. Lemari
B. Computer
C. Mesin Tik
D. Mesin Risograf
E. Foto Presiden


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal dan Kunci Jawaban PTS Genap OTK Sarpras Kelas XI SMK , silahkan klik tautan berikut :

Demikian informasi tentang Soal & Kunci PTS OTK Sarpras Kelas 11 Semester 2 Tahun 2022 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal & Kunci PTS OTK Sarpras Kelas 11 Semester 2 Tahun 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel