Soal & Kunci PH Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Semester 1 2021
Unduh Soal & Jawaban Penilaian Harian Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 3 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Penilaian harian dilakukan oleh guru setelah menyelesaikan materi pembelajaran dalam satu kompetensi dasar. Fungsi dari Penilaian Harian adalah untuk mengetahui kompetensi pengetahuan yang dimilikinya setelah mempelajari materi yang diberikan oleh guru.
Setelah guru mengetahui kompetensi pengetahuan yang telah dikuasai oleh peserta didik, guru dapat memberikan materi pembelajaran pada kompetensi dasar berikutnya. Tetapi jika ada peserta didik yang belum memenuhi standar pengetahuan yang telah ditentukan, maka guru dapat menindaklanjutinya dengan memberikan remedial.
Program remedial dapat dilakukan dengan beberapa metode diantaranya:
1. Memberikan soal Penilaian Harian kembali
2. Tanya jawab atau diskusi
Untuk membantu adik-adik kelas 4 SD dalam belajar, Bank Soal menyediakan Contoh Soal & Jawaban, Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Semester Gasal.
Download Soal & Kunci Penilaian Harian Kelas 4
1. Uni menyiram tanaman di pot secara teratur agar tidak ....
a. layu
b. tumbuh
c. berbuah
d. berbunga
Jawaban : a
Pembahasan : Tanaman di pot harus disiram secara teratur agar tidak layu. Sikap tersebut termasuk sikap positif menjaga lingkungan.
2. Berikut ini hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan pasar, kecuali ....
a. membuang sampah di tempat sampah
b. memilah sampah yang akan dibuang
c. menyediakan cukup tempat sampah
d. membuang sampah di lorong pasar
Jawaban : d
Pembahasan : Jika sampah dibuang di lorong pasar, semakin lama pasar akan menjadi kotor. Sampah akan menimbulkan bau dan banyak lalat.
3. Perhatikan gambar berikut!
Gambar tersebut menunjukkan kerja bakti membersihkan ....
a. selokan
b. taman
c. pantai
d. sekolah
Jawaban : a
Pembahasan : Gambar tersebut menunjukkan kerja bakti membersihkan selokan. Kegiatan tersebut dapat bermanfaat mencegah banjir.
4. Contoh kalimat sapaan yang santun kepada narasumber adalah ....
a. Kita akan mengadakan wawancara sekarang Pak. Cepat bersiap!
b. Hai, saya akan mewawancarai Anda, lho!
c. Selamat siang Pak. Boleh saya mewawancarai Anda sekarang?
d. Apakah sekarang waktunya kita berwawancara?
Jawaban : c
5. Kegiatan tanya jawab antara pewawancara dan narasumber disebut ....
a. dialog interaktif
b. musyawarah
c. monolog
d. wawancara
Jawaban : a
Pembahasan : Dialog interaktif yaitu dialog yang dilakukan di televisi atau radio yang dapat melibatkan pemirsa dan pendengar melalui telepon. Monolog yaitu pembicaraan yang dilakukan sendiri. Musyawarah yaitu pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah.
6. Topik wawancara: pertumbuhan tanaman tembakau
Narasumber yang tepat sesuai topik wawancara di atas adalah ....
a. tengkulak tembakau
b. pengusaha tembakau
c. pedagang tembakau
d. petani tembakau
Jawaban : d
Pembahasan : Narasumber yang dipilih untuk memberikan informasi sebaiknya sesuai dengan topik dan daftar pertanyaan. Narasumber yang sesuai dengan topik wawancara di atas adalah petani tembakau.
7. Saat menemukan kucing yang tidak dirawat dipinggir jalan, yang harus kita lakukan adalah ....
a. membiarkan kucing tersebut di pinggir jalan
b. meminta tolong tewan untuk merawatnya
c. membawa ke rumah dan merawatnya
d. memberi makanan kemudian pergi
Jawaban : c
Pembahasan : Saat kita menemukan kucing tidak terawat di pinggir jalan, sebaiknya kita bawa pulang kemudian dirawat dengan baik.
8. Tumbuhan tidak terawat ditunjukkan oleh gambar ....
Jawaban : c
Pembahasan : Salah satu ciri tumbuhan yang tidak terawat adalah daun berwarna kecoklatan dan berlubang karena dimakan hama.
9. Batang yang dimiliki oleh tumbuhan yang tidak terawat memiliki ciri-ciri ....
a. batang hijau segar
b. batang mudah rapuh
c. batang kokoh
d. batang hijau dan kering
Jawaban : b
Pembahasan : Batang yang dimiliki oleh tumbuhan yang tidak terawat memiliki ciri-ciri mudah rapuh, kering, mudah rapuh dan berwarna kekuningan sampai kecoklatan.
10. Salah satu upaya mencintai lingkungan adalah ....
a. membuang sampah di sungai
b. membuang sampah di tempat sampah
c. menebang pohon di hutan
d. berburu hewan langka di hutan
Jawaban : b
Pembahasan : Salah satu upaya mencintai lingkungan adalah membuang sampah di tempat sampah.
11. Berikut ini adalah aktivitas yang mencerminkan sikap mencintai lingkungan, kecuali ....
a. membuat pupuk kompos
b. membuang sampah pada tempatnya
c. menanam pohon di hutan
d. membuang sampah di sungai
Jawaban : d
12. Kegiatan tidak mencintai lingkungan ditunjukkan pada gambar ....
Jawaban : a
Pembahasan : Kegiatan tidak mencintai lingkungan ditunjukkan pada gambar pilihan jawaban a. Gambar tersebut adalah gambar seseorang sedang membuang sampah di sungai.
13. Gambar yang akan dirangkai menjadi montase ditempel menggunakan ....
a. getah
b. lakban
c. perekat
d. staples
Jawaban : c
14. Salah satu sikap yang dapat kita terapkan ketika melakukan apresiasi seni adalah ....
a. objektif
b. deduktif
c. induktif
d. imajinatif
Jawaban : a
Pembahasan : Salah satu sikap yang dapat kita terapkan ketika melakukan apresiasi seni adalah sikap objektif. Sikap obyektif maksudnya adalah menilai karya seni sesuai keadaan yang sebenarnya, tidak dipengaruhi oleh perasaan pribadi.
15. Kegiatan yang biasanya dilakukan setelah melihat sebuah karya seni yaitu ....
a. apresiasi
b. persepsi
c. persisi
d. seleksi
Jawaban : a
Pembahasan : Kegiatan yang dilakukan setelah melihat sebuah karya seni dinamakan apresiasi atau menilai atau menghargai.
Soal Isian
16. Menjaga lingkungan merupakan kewajiban seluruh ....
Jawaban : masyarakat
17. Peduli terhadap lingkungan merupakan wujud sikap sebagai manusia yang ....
Jawaban : beradab, bertanggung jawab
18. Wawancara bertujuan untuk mendapatkan ....
Jawaban : informasi atau pendapat tentang sesuatu
Pembahasan : Tujuan wawancara yaitu mendapatkan informasi atau pendapat tentang sesuatu yang berkaitan dengan topik wawancara.
19. Dalam laporan hasil wawancara, nama narasumber dan pewawancara kita tuliskan pada bagian ....
Jawaban : laporan hasil wawancara
Pembahasan : Format Laporan Hasil Wawancara
1. Latar Belakang
Kita tulis alasan kita melakukan wawancara.
2. Maksud dan Tujuan
Kita tulis maksud dan tujuan kita melakukan wawancara.
3. Topik Wawancara
Kita tulis topik dalam wawancara yang kita lakukan.
4. Waktu dan Tempat Kegiatan
Kita tulis hari, tanggal, waktu, dan tempat melakukan wawancara.
5. Laporan Hasil Wawancara
Kita tulis nama narasumber, nama pewawancara, dan hasil wawancara yang kita lakukan.
6. Kesimpulan
Kita tulis kesimpulan dari informasi yang didapat setelah melakukan wawancara.
20. Tumbuhan yang tidak terawat mudah terserang ....
Jawaban : hama atau penyakit
21. Hewan yang terawat memiliki mata yang ....
Jawaban : jernih
22. Pihak yang diuntungkan dengan adanya pupuk kompos adalah ....
Jawaban : petani
23. Kegiatan membuat pupuk kompos merupakan contoh sikap ... lingkungan.
Jawaban : mencintai
24. Potongan gambar bunga, kegiatan menanam dan menyiram tumbuhan dapat dirangkai menjadi montase bertema ....
Jawaban : cinta lingkungan
25. Potongan-potongan gambar yang disusun menjadi montase biasanya dapat membentuk rangkaian ....
Jawaban : gambar baru
Pembahasan : Potongan-potongan gambar yang disusun menjadi montase biasanya dapat membentuk rangkaian gambar baru yang disesuaikan dengan tema.
Download Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 4
PILIHAN GANDA
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari (soal nomor 1 s/d 3)
Bahasa Indonesia
- 3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan (soal nomor 4 s/d 6).
Ilmu Pengetahuan Alam
- 3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya (soal nomor 7 s/d 9)
Ilmu Pengetahuan Sosial
- 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi (soal nomor 10 s/d 12)
Seni Budaya dan Prakarya
- 3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel (soal nomor 13 s/d 15)
ISIAN
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari (soal nomor 16 s/d 17).
Bahasa Indonesia
- 3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan (soal nomor 18 s/d 19).
Ilmu Pengetahuan Alam
- 3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya (soal nomor 20 s/d 21).
Ilmu Pengetahuan Sosial
- 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi (soal nomor 22 s/d 23).
Seni Budaya dan Prakarya
- 3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel (soal nomor 24 s/d 25)
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Contoh Soal Penilaian Harian Kelas 4 SD Tema 3, silahkan klik tautan berikut : Unduh Soal & Jawaban, Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022
Atau klik di sini.
Belum ada Komentar untuk "Soal & Kunci PH Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Semester 1 2021"
Posting Komentar